Memulai Cashless & Mobile Payment (OVO, DANA, GoPay, Flazz)



Saya sebenarnya sangat klasik orangnya. 

Masih suka dengan uang kertas dan recehan. Bahkan, saya dulu suka menabung, entah itu 100, 200, 500, atau koin 1000 an.

Tapi, itu mulai berubah. Karena sebanyak-banyaknya koin yang saya kumpulkan, ternyata tidak sebanyak itu. Jadinya, uang receh sekarang pasti disedekahkan. Tidak ditabung lagi. Tidak disimpan lagi.

Itu juga berlaku dengan transfer di ATM.

Saya tidak dapat feelnya dengan M-Banking. Karena ada ketakutan sendiri.

Sampai akhirnya mulai berubah, karena saya sering beli di toko online. Capek kalau harus ke ATM untuk transfer dulu. Dengan M-Banking, transfer jadi lebih cepat. Tidak perlu cari ATM, cukup buka handphone, buka aplikasi, dan kirim. Selesai.

Kemudian, Corona menyerang. 

Kita harus menjaga diri dengan selalu menjaga kebersihan.

Uang jadi salah satu komponen di situ. Karena uang yang paling sering berganti tangan. Dengan cepat. Sangat cepat.

Saya bayar, dapat kembalian. Uang kembalian itu saya pakai lagi di toko lain, dapat kembalian lagi. Lalu saya pakai lagi untuk yang lain.

Berputar terus. Berganti tangan terus.

Karena ingin menjaga diri. Saya mulai aktif di sistem Mobile Payment (cashless).

Pertama, saya pakai OVO. Saya menggunakan ini untuk membayar di Tokopedia dan GRAB. Yang ternyata, setelah saya ke beberapa mall, bayar parkir juga bisa pakai OVO. Bayar bensin SHELL juga bisa pakai OVO.

Ini yang paling saya sering gunakan. Jangkauannya paling luas di antara yang lain. Makanan, minuman, bensin, transportasi. Lengkap.

Kedua, saya coba DANA. Ini lebih karena menggunakan produk Apple. DANA sekarang bisa untuk membayar aplikasi, langganan, dan games di Apple Store. Berguna sekali untuk pengguna Apple.

Terakhir, saya mencoba GoPay dan Flazz (BCA). Saya sendiri belum mencoba banyak di GoPay. Tapi, saya tinggalkan uang sedikit di sana untuk jaga-jaga. Sedangkan untuk Flazz, saya sering ke Indomaret/Alfamart. Jadi, saya perlu  mengurangi transaksi uang dan memulai cashless.

Flazz membantu saya untuk ini. Tinggal taruh, lalu terbayar sudah. Tanpa memasukkan PIN. Ini juga bisa digunakan untuk membayar bensin SHELL. Jadi, lumayan. Fiturnya bertambah untuk saya.

OVO, DANA, GoPay bisa untuk transfer ke Bank. Setahu saya, semuanya bisa asal di upgrade terlebih dahulu.

Semoga tulisan ini tidak salah memberi info. Tulisan ini adalah cerita saya untuk cashless dan memulai mobile payment. Bukan untuk belanja tanpa henti. Bukan untuk berboros-boros di luar sana.

Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih. 



Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan online saya, Arsenio Store ID. Tempat menjual Apparel seperti Sweater, Hoodie, dan Celana yang simple dan minimalis. Cocok untuk traveling dan nongkrong. 

Untuk melihat produknya, bisa kunjungi Instagramnya, di @arsenio.store.id, dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store.

Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Posting Komentar

munggah