10 Sumber Penghasilan Menurut Raditya Dika

Asssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Beberapa hari yang lalu, saya mendengarkan podcast milik Raditya Dika di Spotify. Pada salah satu episodenya, ia menjelaskan suatu hal yang menurut saya penting. Saya pun tertarik untuk mencatat apa yang ia katakan di blog ini.

Jadi, di episode podcast itu, Raditya Dika bilang bahwa penghasilan itu bukan cuma gaji, tapi bisa juga dari beberapa tempat yang lain. Kalau saya tidak salah catat, Raditya Dika bilang ada 10 sumber penghasilan. 

Pertama, gaji dari pekerjaan.

Kedua, royalti.

Karena Raditya Dika adalah penulis buku best seller, setiap 6 bulan sekali, ia mendapat royalti dari penerbit buku.

Ketiga, pembicara/narasumber.

Menjadi pembicara atau narasumber bisa dibilang perpanjangan dari penulis buku itu sendiri. Ia menjadi pembicara atau narasumber sesuai pekerjaannya, yaitu penulis. Radit biasanya diminta untuk mengisi workshop dengan tema “tips menulis”. 

Keempat, Blog (adsense).

Sebelum menjadi penulis buku best seller, Raditya Dika memulai sebagai blogger. Dari blognya ia mendapat uang dari adsense yang tersedia.

Kelima, karir -> penulis skrip -> sutradara.

Keenam, kelas online.

Pembedanya dari pembicara adalah ia datang sebagai tamu.

Kelas online yang ia maksud datang dari diri sendiri. Jadi, Raditya Dika sendiri yang membuat kelas online untuk peserta dengan jumlah sekian.

Kalau yang saya lihat, akhir-akhir ini, ia mengecap diri sendiri ia mau mengisi workshop apa. Seperti cara membuat webseries atau cara membuat konten youtube.

Ketujuh, Digital Download.

Raditya Dika punya digital download untuk stand upnya, yang bisa didapat di ceritacintaku.com. Kalau saya sendiri, mungkin konten ekslusif di KaryaKarsa sudah termasuk digital download.

Kedelapan, Youtube Adsense.

Kesembilan, Brand deals.

Kesepuluh, Investasi saham.


Itu saja rangkuman dari episode podcast milik Raditya Dika dengan Judul “Penghasilan Bukan Cuma Gaji”. Untuk mendengarkan langsung, bisa ke sumbernya di sini.


Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan online saya, Arsenio Store ID. Tempat menjual Apparel seperti Sweater, Hoodie, dan Celana yang simple dan minimalis. Cocok untuk traveling dan nongkrong. 

Untuk melihat produknya, bisa kunjungi Instagramnya, di @arsenio.store.id, dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store.

Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store


Terima kasih sudah membaca di akhir.


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Posting Komentar

munggah