Tidak Ada Yang Namanya Cara Cepat Untuk Menguasai Sesuatu. Pasti Membutuhkan Usaha, Latihan, Evaluasi, dan Waktu.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya membuat tulisan ini karena saya merasa “terpancing” mendengar dan melihat kalimat “Cara Cepat Menjadi Kaya” atau “Cara Cepat Belajar Gitar”.  Padahal, tidak ada yang namanya cara cepat untuk menguasai sesuatu. Pasti Membutuhkan Usaha, Latihan, Evaluasi, dan Waktu


Niat & Usaha

Semua pasti berawal dari niat, lalu dari niat, kita harus melakukannya, dengan berusaha. Kita mau belajar naik sepeda, misalkan. Kita harus punya niatnya dulu. Terus kumpulkan apa yang diperlukan, sepedanya, helmnya. Kalau sudah, tentukan mau kapan dan dimana kita mau belajar sepedanya. 


Setelah itu, apa yang dilakukan? 


Yang harus dilakukan adalah latihan terus menerus. 


Latihan

Nah, orang itu seringkali berhenti setelah latihan pertama. Putus di tengah jalan setelah merasa kesulitan saat latihannya. Padahal, memang begitu jalannya. Kita harus latihan, latihan, latihan. Latihan berkali-kali. Latihan berulang-ulang. 


Ada yang perlu jadi landasan. Kita juga harus paham sama diri kita sendiri.  Kayak saya sendiri, saya ingin menguasai suatu mata pelajaran, tapi saya tidak cocok sama sistem pembelajaran di bimbel. Saya ternyata lebih cocok dengan les privat. Saya lebih suka dengan les personal. 


Jadi, sadar sama cara belajar diri kita sendiri itu penting. Kita harus tau, kita itu cocoknya latihan seperti apa. Apakah latihan lewat internet? Lewat youtube? Lewat komunitas? Lewat mentor?


Paham sama diri sendiri memudahkan untuk latihannya dan proses pembelajarannya. 


Waktu

Usaha butuh waktu. Latihan butuh waktu. 


Saya lagi belajar masak nasi goreng. Sepele mungkin. Tapi saya memang bukan orang yang jago masak. Saya latihan terus dengan masak nasi goreng di pagi, siang, dan malam.


Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis. Saya lakukan terus menerus. Saya masak terus, setiap harinya. Ini udah berjalan hari keempat. Saya merasa sudah mengalami perkembangan. Tinggal sedikit lagi, saya akan merasa puas dengan masakan saya.


Evaluasi

Saat saya masak nasi goreng itu, saya melakukan evaluasi. Saya tanya istri saya apa yang kurang, dari rasanya, dari cara masaknya. Terus saya latihan lagi, evaluasi lagi. Bikin nasi goreng lagi, terus evaluasi lagi. Begitu terus sampai kemampuan masak saya benar-benar terasah.


Closing

Itu saja dari saya. Ini sekadar berbagi opini dari pengalaman saya sendiri. Karena memang tidak ada shortcut. Ini real life. Bukan game PS1, PS2, PS3, 4 atau 5. Pada kenyataannya, kita harus usaha, latihan, evaluasi, dan sadar bahwa itu semua butuh waktu. 


Semoga bermanfaat. Seperti biasa, akan saya tutup dengan mempromosikan jualan saya: Arsenio Store ID.


Tempat menjual apparel, seperti Hoodie, Sweater, dan Celana yang simple dan minimalis, siap dipakai untuk traveling dan nongkrong bareng temen. Instagramnya, @arsenio.store.id dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store. 


Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Versi podcast: https://open.spotify.com/episode/1Idww6dAVfnEWQa5xj9tF4?si=oeDuf8Y4Sz2pzLcE2yo2_A



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Posting Komentar

munggah