Skyfall


James Bond

Skyfall. Film ke-23 dari James Bond, film yang juga dibuat sebagai perayaan 50 tahun James Bond. Ternyata, sudah cukup lama ya agen spionase ini terus mengejar penjahat sampai sekarang. Saya pertama kali menonton film 007 pada era-nya Pierce Brosnan, filmnya berjudul Tomorrow Never Dies, (yang ada game PS 1 nya juga). Saya sampai hafal, 007 itu selalu identik dengan pria berjas, dikelilingi cewek cantik, pasti ada sex scenenya, mobil Aston Martin, dan gadget keren.

M





Dan pada film ini, segala ciri-ciri khas dari 007 dirubah. Tidak ada lagi gadget keren, seperti pulpen yang meledak, pelontar rudal atau kacamata tembus pandang. Pada film ini senjata Bond cuma 2, yaitu pistol dengan pembaca sidik jari dan sebuah radio. Tapi tenang, cewek cantik sama sex scene masih ada kok, jadi good news lah buat orang yang pikirannya mesum. 

Eve




Cerita Skyfall lebih berbobot, mempunyai tempo yang pelan, dan lebih banyak drama. Dialog juga banyak unsur comedy nya, porsi action sudah cukup dan pas bagi saya. Barangkali untuk sebagian penonton film, akan kecewa dengan film ini, karena action nya yang kurang banyak dan faktor tempo lambatnya. Jadi, film ini tidak untuk semua kalangan, walaupun sebenarnya, menonton film ini cuma butuh sabar aja sih.


Q



Ada apa lagi di Skyfall? Masih ada Daniel Craig yang memerankan James Bond, dimana si Bond mulai mengalami penurunan kemampuan fisik gara-gara suatu kejadian. Kejadian apa? Tonton saja dulu filmnya, saya tidak akan membocorkan spoiler nya. Ada Agen M, si bos M16, yang akhirnya mendapatkan porsi lebih di film 007. M tidak lagi sekedar bos yang numpang lewat saja, tidak hanya sekedar memberi perintah ini dan itu, malah bisa dibilang, inti ceritanya tentang M sendiri. Ada 3 karakter baru, yang sepertinya bakal terus ada di film selanjutnya. Ada Eve, Q, dan Voldemort berhidung mancung. Oh iya, disini ada sedikit pembahasan tentang James Bond, tentang masa lalunya yang suram di suatu kota di Skotlandia. Penasaran? Tonton saja dulu filmnya, 
saya tidak akan membocorkan spoiler nya.

Gareth Mallory atau Voldemort mancung
Opening jadi best scene di film Skyfall. Untuk mengingatkan, ada Adele mengisi soundtrack disini dan scoring khas 007 juga masih menggelegar di Skyfall. Lalu, musuhnya, mirip dengan The Dark Knight Rises, sosok penjahat di Skyfall seperti Joker wanna be untuk saya. Entah kenapa, saya kurang merasa takut dengan penjahat yang satu ini. Sadis sih, tapi kurang dapet gregetnya aja.



Raul Silva

Kesimpulannya, Skyfall adalah film terbaik dari semua film Bond yang pernah saya tonton (tentunya dari Tomorrow Never Dies). Ini jelas menaikkan pamor Bond lagi, yang sempat turun gara-gara Quantum of Solace, padahal Casino Royale sudah cukup bagus. Sekian dari saya, enjoy the movie.

Rate 4/5


Post a Comment

munggah