Life of Pi, Film Tentang Pencarian Tuhan

diambil dari wikipedia

Film bermula dengan Piscine Molitor Patel yang menceritakan masa lalunya kepada temannya, seorang penulis. Pi Patel bercerita dari awal mula mendapat nama Piscine molitor Patel itu sendiri, yang ternyata adalah nama kolam renang. Lalu, bagaimana dia berusaha mati-matian mendapatkan nama panggilan Pi di sekolahnya agar tidak jadi bahan ejekan teman-temannya. Kemudian, dia bercerita tentang dia memeluk 3 agama sekaligus, Hindu, Kristen, dan Islam. Dan yang terakhir, cerita yang mengingatkan dia dengan tuhannya. Sebuah peristiwa besar dalam 227 hari yang tidak mungkin dilupakan oleh Pi.




diambil dari wired.com


Film ini adaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama. Banyak yang bilang, akan sulit jika ingin memfilmkan novel ini. Tapi, kenyataan Ang Lee, sang sutradara, sangat sukses membuat film begitu indah, begitu epik, dan begitu rapi.

Film ini sangat direkomendasikan untuk 3D. Walaupun, saya nontonnya cuma yang 2D, tapi saya yakin film akan lebih bagus kalo nontonnya 3D. Banyak juga yang bilang kalo nyesel cuma nonton yang 2D. Jadi, kalo punya uang lebih ya tonton aja film ini yang 3D, dijamin lebih puas kok.

Agak SPOILER dikit, nanti Pi bakalan sekapal dengan zebra, orang utan, hyena, dan harimau yang bernama Richard Parker. Semua binatang itu bukan bintang asli, melainkan buatan komputer. Keren banget ga tuh. Sebegitu realnya hewan-hewan itu sampe ga keliatan kalo buatan komputer. Itu bener-bener sangat nyata sekali kawanku. 



diambil dari theawesomer.com


Ang Lee bekerja sangat bagus disini, film berjalan sangat urut dan mudah dipahami alur ceritanya. Bertempo lambat, jadi buat orang yang tidak suka dengan tempo lambat, tidak disarankan menonton film ini.

Bisa dibilang, tempo lambat adalah kekurangan dari film Life of Pi, setidaknya bagi orang yang tidak suka dengan film bertempo lambat, but, I don't have problem with that, so I think this movie is great. 

Aktor yang meranin Pi bermain sangat apik. Pi kecil, Pi remaja, dan Pi dewasa enak untuk diikuti, apalagi dengan logat india mereka yang khas. Ada twist juga di akhir, yang membuat kita bertanya, "Apakah cerita itu benar-benar kejadian?"


diambil dari turntherightcorner.files.wordpress.com


Perjuangan Pi saat berada di kapal sekoci bersama Richard Parker adalah inti dari film ini. Bagaimana Pi berusaha untuk akur dengan sang harimau, melatih harimau tersebut, dan saat perebutan tempat di sekoci. Sangat menarik. Saat Pi bersama Richard Parker, banyak adegan yang berhubungan dengan kekuatan dan kekuasaan Tuhan. Yang membuat kita bertanya pada diri kita sendiri,

"Sudahkah kita bersyukur akan nikmatNya?"

"Sadarkah betapa banyaknya yang sudah Tuhan berikan kepada kita?"

"Ternyata Tuhan selalu berada disamping kita ya?





Inilah Life of pi, film tentang pencarian Tuhan. Film yang mempunyai banyak hikmah yang bisa diambil. Film yang bisa membuat kita merenung tentang agama dan Tuhan. Sebuah film yang mencerahkan, yang dapat mengingatkan kembali tentang apa-apa aja yang sudah diberikan Tuhan kepada kita. 

Sesuai dengan apa yang Pi katakan,


"I have a story that will make you believe in God."

Dan iya, Pi benar-benar punya cerita yang akan membuat kita percaya dengan kekuatan Tuhan.

Rate 4/5




via @aldy_pradana17




Post a Comment

munggah