Audisi Stand Up Comedy Season 3

Assalammu'alaikum!

Mau cerita dikit nih soal audisi kemarin. Jadi, pas tanggal 6 Desember 2012, saya iseng nyoba ikut audisi Stand Up Comedy yang diselenggarain sama Kompas TV. Lokasinya di Universitas Airlangga, Surabaya. 

Bermodalkan nekat dan ketidaktauan saya tentang jalan menuju ke unair, saya berangkat jam 6 pagi, jadi udah planning duluan kalo saya bakal nyasar. Dan sesuai rencana, saya nyasar berulang kali, nanya tukang becak berulang kali, dan berulang kali bilang dalam hati, "Apa mending pulang aja ya? Kayaknya ga bakal ketemu deh."

2 jam mondar-mandir di Surabaya, akhirnya ketemu juga unair kampus B (itu juga secara kebetulan). Satu hal yang saya inget dari unair kampus B adalah didepannya ada rumah sakit dimana ibu saya pernah dirawat disitu, 2 taun yang lalu kalo ga salah. Mungkin, itu alasan kenapa saya ingin ikut audisi ini, maybe, I don't know.

Jam 8, saya masuk ke fakultas ekonomi dan bisnis, terus naik ke lantai 3. Pas nyampe standnya, disuruh ngisi pendaftaran, disuruh tanda tangan, disuruh cek darah, disuruh cek berat badan, bentar ini mau audisi apa mau imunisasi sih?

Setelah ngisi ini-itu, saya pun dapet nomor 2, yap nomor 2. Sungguh kampretlah, ternyata yang daftar baru dikit. Ya udahlah, sebelum audisi kan ada workshop gitu, saya ikut  'seminar komedi'nya dulu aja.





Ada mas Akbar, juara 2 Season 1, ada mas Ge, juara 1 Season 2, ada mas Topeng, juara harapan 1 season 2, hehe, dan yang pasti ada mas Indro sebagai juri juga ikut mengisi seminar komedi tersebut.

Mas Indro ngejelasin tentang sejarah komedi gitu, ada juga pendapat-pendapat mereka tentang komedi, joke yang baik itu kayak gimana, ada games one liner juga, dan ada mc yang nyebelin di roast sama kak Ge, keren dah pokoknya.  

Nah, seminar selesai, audisi dimulai. Kalo ga salah sekitar pukul 10.30 dimulai audisinya. Sempet ngobrol sama comic yang lain, wih! Ada yang udah jadi opener mas Ge di Bali, ada juga yang jadi opener mas Kemal di Surabaya. Saya? Pernah juga jadi opener gerbang kampus doang, itu juga cuma sekali.

Yang nomor 1 dapet golden ticket, giliran saya yang maju, kalo ditanya, "Kenapa kamu ikut audisi ini?" Mungkin saya akan jawab, "Lagi bosen kuliah aja mas Indro, pengin refreshing gitu." 

Dengan bertuliskan stiker didada, ALDY, SURABAYA, nomor 2, saya maju ke depan mic, didepan mas Indro, dan direkam kamera. Dan .... bit saya banyak yang ga kena alias ga lucu alias saya ga dapet golden ticket alias saya cuma dapet malu doang.

Yap, yang bikin ketawa cuma pas bit 'tindik', itu juga karena bang Indro pake tindik, yang lainnya garing, hiks :(

Ya udahlah, emang nasibnya kalah kali ya, namanya juga masih comic amatiran. Pas mau pulang, eh, mas Raditya Dikanya dateng, itu tuh yang followersnya 3 juta. Sayang, mas Radit langsung masuk ke ruangan audisi, jadi ga sempet minta folbek.

Tapi, ikut audisi SUC kemarin tetep ada ilmunya kok, ga sia-sia banget. Ikut kayak gitu, jadi bisa ketemu comic profesional kayak mas Akbar, mas Ge, mas Topeng, mas Indo Warkop. Cerita mereka sama pendapat mereka soal komedi.

Dan kalo masalah jadi comicnya sih, ilmu yang saya dapet itu harus pinter baca kemauan penonton. Misalkan, kalo penonton suka sama masalah kemacetan, bahas aja itu terus, pasti LPM (Laugh Per Minute) nya naik. 

Terus, kalo lu ngomongin kerudung, dan ga ada yang ketawa, berarti itu harus diganti 'tema'nya. Cari yang lain, cari apa yang mereka suka sampe ketemu. Itu emang yang bikin susah.

Buat tips audisi SUC nya, didepan taruh one liner, taruh bit terbaik lu didepan, karena ada comic yang di cut di tengah-tengah, dan langsung dipersilahkan untuk keluar. 

Daftar cepet, mending dapet nomor 1-50 an, daripada 100-150an. Kemarin, yang di Surabaya, itu hampir 200, yang nomor 1 sama 3 dapet golden ticket, padahal jatahnya cuma 10 kalo ga salah.





Nih, buat yang mau daftar di kota Yogyakarta, Bandung, sama Jakarta. Good luck ya!

Ya udah gitu aja sih, cerita saya tentang ikut audisi SUC, sekedar sharing aja. 

Wassalammu'alaikum.


 

7 comments

This comment has been removed by the author.

ya meskipun penuh perjuangan dan blm berhasil tp byk kan pelajaran yg bs di ambil...ya namax belajar, gagal tu adalah salah satu prosesnya....
tetap Semangat ya....!!

Reply

kenalin nama saya hadi..besok insya allah mau ikutan audisi d jakarta...mudah2han apa yang anda tulis bisa menjadikan inspirasi buat saya..terimakasih kawan..saya mohon doanyan semoga saya menjadi pemenang..hikhikhik..//ngareuppppp...\\

Reply

Iya tante, saya semangat kok, saya kan penggemarnya Smash. #SenyumSemangat

Reply

Oke, good luck ya bro! Nambahin lagi tipsnya, delivery dibagusin ya mas. Kalo udah ngelempar bit dan ga ada yang kena. Maen riffing aja mas.
Sukses ya! :D

Reply

Sekarang lagi ada kontes audisi jadi bintang iklan untuk djarum 76 loh. kamu bisa nemenin om jin jadi bintang iklan. ayo buruan follow twitter nya @audisiku dan facebook nya Audisiku . Menang gak menang yang penting hepi...

Reply

Selamat sore...hanya ingin berbagi informasi.

Saat ini ada audisi jadi bintang iklan melalui online loh! Caranya : ikuti twitter@audisiku dan Facebook Audisiku... langsung yah. Kamu bisa jadi bintang iklan bersama Om Jin dan ada hadiahnya juga loh! Pokoknya...Yang Penting Hepi...

Reply

Post a Comment

munggah