6 Tips Menjadi Manusia Yang Lebih Sehat



Saya Aldy Pradana, penulis utama dan satu-satunya dari blog aldyond.blogspot.com, ingin berbagi tips tentang kesehatan. Setelah sebelumnya menulis soal film, soal hal-hal absurd, atau cerita tentang kehidupan saya, kali ini saya ingin menulis hal yang berbeda, saya ingin berbagi hal yang bermanfaat untuk pembaca. Oleh karena itu, tercipta postingan ini. Berikut adalah tips kesehatan dari pandangan saya dan pengalaman saya, semoga berguna untuk semua. :)  


1. Taat Beribadah


Tips pertama menjadi manusia yang lebih sehat: Taat Beribadah. Mari mengawali sesuatu dengan berdoa apapun agamamu, beribadahlah sesuai yang apa diajarkan oleh iagamamu.  Mari berdoa sebelum berkegiatan, beraktivitas, bekerja, belajar, bermain, dan semacamnya. Ibadah bisa menenangkan hati anda. 

Karena saya Islam, saya akan berbagi apa yang saya lakukan, yang saya rasa benar dan yang membuat saya nyaman. Sejak mulai mendengarkan ceramah Ustadz Wijayanto, Yusuf Mansur, dan Ippho Santosa, saya mulai solat berjamaah di masjid. Saya mulai mengutamakan solat subuh dan solat isya berjamaah masjid. Kalo bisa solat 5 waktu berjamaah di masjid malah makin bagus. Pokoknya saya sempet-sempetin sehari selalu ada solat berjamaah di masjidnya. 

Dari ceramah mereka juga, saya juga mulai sedekah. Sedekahnya ga cuma 2,5 % dari gaji per bulan, namun sedekah yang jumlahnya lumayan besar, sekitar 20 % dari gaji per bulan. Berat? Selalu. Saya bukan orang kaya, saya bahkan belum bekerja, yang saya maksud dengan 'gaji' tadi adalah uang bulanan dari ayah saya. Jadi, saya harus benar-benar membagi uang saya dengan baik. 

Kalo misalkan saya sudah bekerja, saya usahakan tetap sedekah 20 % dari gaji saya.  Manfaat bersedekah yaitu untuk 'mencuci' harta, untuk bekal kita di akhirat, untuk menolong sesama. Bahkan, ada yang namanya psikologi memberi, orang yang sering memberi merasakan bisa lebih tenang dan bahagia dibanding orang yang cuek terhadap sesamanya. Cobalah belajar lebih dalam tentang agama anda, mulailah taat beribadah, cari apa yang benar menurut anda, apa yang membuat anda nyaman, Insya Allah hati anda akan bisa tenang selalu. 

2. Olahraga Minimal Seminggu Sekali 


Tips kedua: Olahraga. Sekarang mau olahraga itu gampang, banyak fasilitasnya, yang paling anda butuhin paling cuma waktu dan kemauan. Itu aja udah cukup. Anda bisa memilih olahraga yang anda suka. Anda bisa jogging tiap hari minggu (apalagi sekarang marak-maraknya Car Free Day), anda bisa fitnes, anda bisa ikut programnya Deddy Corbuzier yang ocd-ocd itu (Obsessive Corbuzier Diet), anda juga bisa futsal sama temen.  Pilih olah raga yang anda sukai, lakukan minimal seminggu sekali. Olahraga membuat badan sehat (jelas banget, ga perlu diragukan lagi), Bikin badan lebih segar dan kuat, dan membuat stamina jauh lebih terjaga. 


Ingat makan buah-buah juga ya!


Dan minum air putih yang banyak!

3. Mendengarkan Lagu Bertempo Cepat


Ini tips ketiga dari saya: Mendengarkan Lagu Bertempo Cepat. Maksudnya lagu bertempo cepat itu kayak gimana? Kalo dari playlist saya, saya punya lagu dari band seperti 30 Seconds To Mars, Linkin Park, Simple Plan, Green Day, dan band rock-rock lainnya. Coba mulai dengerin lagu yang fresh, yang bertempo cepat, yang membuat anda lebih bersemangat. Lagu bisa jadi moodbooster anda.   

Kalo anda tidak percaya dengan pendapat saya tentang musik ngebeat ini, coba bandingin aja 2 lagu ini: Bruno Mars - It Will Be Rain dan 30 Second To Mars - Up In The Air. Dengerin pagi-pagi, sebelum bekerja atau kuliah atau sekolah, lalu bandingkan, mana yang membuat anda bersemangat? Harusnya yang 30STM, tapi kalo anda baru aja putus, mungkin anda akan memilih lagunya Bruno Mars. Intinya, lagu bisa mempengaruhi mood. Jadi, pilih lagu yang tepat untuk menaikkan mood anda. Lagu anda bisa mempengaruhi semangat anda. 

4. Positive Thinking

Dapet dari twitter, lucu ye :D

Coba liat gambar diatas, mengerti maksudnya kan? Coba deh mulai berpikir positif. Ambil sisi positif dari semua kejadian yang ada. Jangan kebalikannya. Memikirkan hal negatif dari suatu kejadian hanya membuat anda sakit hati. Berpikir negatif hanya membuang energi anda dan menguras waktu anda. Jadi, kenapa tidak mencoba positive thinking aja dari sekarang aja?

5. Punya Banyak Teman
 
Saya dan teman-teman saya, saya pake baju ijo dengan senyum agak nanggung
Bersosialisasi itu menyenangkan. Berinteraksi sosial itu menyehatkan. Ngobrol bersama itu melegakan. Saya punya link tentang manfaat mempunyai banyak teman, silahkan baca disini http://www.infospesial.net/6175/5-manfaat-banyak-teman/

6. Terus Belajar & Terus Memotivasi Diri Sendiri

Baiklah, ini tips yang terakhir: Terus Belajar & Terus Memotivasi Diri Sendiri. Belajar ya pasti dong, ilmu itu penting buat kita, buat masa depan kita, tinggal anda bisa memanfaatkan ilmu tidak, kembali ke diri sendiri. Manfaatkan ilmu anda apapun itu. Anda pinter musik, ya udah belajar terus disitu, kuatin aja yang kamu suka dan yang kamu bisa. Anda pinter olahraga, ya udah belajar aja tentang olahraga. Sadar pada keahlian diri sendiri itu penting. 

Lalu, motivasi diri anda tiap hari. Iya, tiap hari. Semangat itu bisa naik turun, hari ini ngotot, besok bisa males-malesan. Makanya, motivasi diri sendiri setiap hari. Bisa lewat buku, liat video motivasi, atau bahkan liat tweet dari Mario Teguh. Gampang banget kan?

Itu tadi 6 tips kesehatan dari saya, jika anda ada yang tidak setuju dengan salah satu pendapat saya, ya sudah. Cari saja yang anda setuju dan lakukan. Pendapat bisa berbeda-beda, tapi tujuannya tetap sama: membuat badan jauh lebih sehat. Nama saya Aldy Pradana, sekian dan terima kasih.  

1 comments:

teriamskih tipsnya gan,,sangat bermanfaat sekali..

Reply

Post a Comment

munggah