PRISONERS, dan perbandingannya dengan RUSH dan GRAVITY


PRISONERS langsung masuk sebagai salah satu film favorit saya taun ini. Setelah menonton PRISONERS, saya sendiri jadi bingung menentukan mana film terbaik di taun 2013, RUSH, atau PRISONERS? Yang jelas bukan GRAVITY, karena GRAVITY resmi jatuh ke posisi nomor 3, hahaha. 


Berbeda dengan RUSH atau GRAVITY, maafkan saya yang membandingkan dengan 2 film tersebut, salahkan jadwal mereka yang berdempetan, PRISONERS justru minim scoring. Andalan PRISONERS hanya berupa suara-suara asli seperti teriakan Hugh Jackman yang penuh amarah, palu yang menghantam dinding, dan suara keyboard yang dihancurkan oleh Detektif Loki (Jake Gyllenhaal). Hebatnya, minim scoring membuat tiap adegannya jadi lebih menarik, tetap membuat jantung anda deg-degan dan sama sekali tidak membosankan. 


Hugh jackman bermain sangat baik di PRISONERS. Emosi seorang ayah yang rela melakukan apa saja, bahkan sampai hal keji sekalipun, benar-benar mendapatkan simpati tiap penontonnya. Hugh Jackman mulai berakting luar biasa dari film The Wolverine, link, dan Les Miserables (katanya Hugh Jackman bagus maennya, tapi saya sendiri belum nonton Les Miserables), dan juga penampilan dari Jake Gyllenhall yang sama bagusnya. Duet mereka yang sibuk mencari siapa yang menculik anak kecil benar-benar sangat menarik untuk diikuti. 


Untuk orang yang sudah menonton PRISONERS, pasti setuju bahwa ending Twist nya adalah yang terbaik! Inilah twist yang sesungguhnya! Twist yang membuat penonton teriak dalam hati, "OOOOOHHH!" Bukan twist ending seperti Iron Man 3, yang bikin penonton teriak dalam hati, "HAAAAH?" kemudian kecewa oleh keseluruhan cerita filmnya. PRISONERS memberikan yang terbaik di endingnya. Benar-benar memberikan puncaknya anda di akhir film.  Tenang, saya tidak akan membocorkan spoilernya disini, lebih anda menonton filmnya saja langsung dan nikmati sensasinya. *halah*

Score: 90

Dan sebagai penutup, saya ingin memberikan petunjuk untuk kalian yang belum menonton 3 film yang sebut-sebut dari tadi. Saya ingin memberikan petunjuk film apa yang harus kalian tonton sesuai dengan selera kalian.




RUSH: Film bertema Formula 1 dan berisi tentang persaingan ketat antara James Hunt dan Niki Lauda. Jika anda suka film bertempo cepat, jelas tontonlah RUSH. Ini adalah film action. Sekali lagi, film action. Film action dengan suguhan balapan, permusuhan, dan percintaan. 




PRISONERS: Film bergenre Drama, Crime, Thriller, dan Mystery. Jika anda suka film dengan tema detektif, tontonlah film ini, karena PRISONERS akan membuat penasaran dengan menebak-nebak siapa tersangka utamanya. Berdurasi 2,5 jam, tapi sama sekali tidak bikin mengantuk dan menguap.




GRAVITY: Oke, saya harus jujur satu hal. Gravity hanya untuk seniman, untuk para pecinta seni. Hanya untuk orang yang benar-benar menghargai seni dalam dunia dalam perfilman. Kelebihan film ini adalah tehnik pengambilan kamera, scoring, dan setting nya yang berada di luar angkasa. Jika anda tidak suka itu, anda pasti menyesal menonton GRAVITY. Lebih baik anda menonton RUSH atau PRISONERS yang lebih 'renyah' dan punya cerita yang lebih 'berisi'. Tapi, kalau anda benar-benar ingin sesuatu yang beda dan unik, tontonlah GRAVITY dan harus 3D.

Post a Comment

munggah