Pesan Moral Yang Bisa Dipetik Dari Kartun di TV

diambil dari twitter @FajarSyarifH_ @MemeComicIndo 

Saya sering banget denger orang tua bilang, "Jangan nonton kartun itu, nggak bagus buat anak-anak!" atau "Kartun ini jelek! Nggak ada pesan moralnya! Nggak mendidik!"

Jujur aja, kalimat-kalimat itu, lumayan bikin saya cukup terganggu. 

Kenapa? 

Karena masalah pesan moral atau ilmu dalam kartun itu biasanya terselip secara sembunyi-sembunyi. Nggak gamblang atau nggak terang-terangan. Itu sudah menjadi tugas orang tua untuk nerangin, "Tuh, tokoh utamanya yang pertama takut ketinggian, akhirnya bisa ngelawan rasa takutnya karena terus belajar dan berjuang!"

Makanya, dari kegelisahan saya itu... *cielah*

Saya lalu bikin postingan ini, Pesan Moral Yang Bisa Dipetik Dari Kartun di TV. Buat ngasih tau kalo ada, kok, sebuah ilmu yang dapat kita ambil dari acara kartun. 

So, here they are...

1) Tom & Jerry


Badan besar bukan berarti bisa seenaknya ngebully badan yang lebih kecil. Buktinya, Jerry selalu sukses memperdaya Tom yang secara ukuran jaaaaauuuuhhh lebih gede. Jerry bisa gitu karena ia punya banyak akal buat menghadapi tipu daya Tom. 

So, kalo kamu ngerasa minder di kelas karena badan kamu kecil, sekarang buang jauh-jauh pikiran itu di kepalamu. Terus, mulai memperkuat otot-otot otak kamu biar mampu "ngalahin" mereka yang badannya lebih besar atau mereka yang suka ngeremehin kamu.

Lalu, caranya gimana memperkuat otot-otot otak kita?

Rajin belajar.

Itu.


Doraemon



Ini punya banyak banget pesan moral yang nyelip di tiap karakter pengisinya. 

Misalkan, saya ambil sang titik fokus utama, Nobita.

Nobita: pemalas, nilai selalu jelek, selalu mengandalkan Doraemon, lemah, tidak pernah mengerjakan PR, dan selalu dimarahi Ibunya.

Orang tua yang nonton Doraemon sama anaknya, harusnya bilang gini ke anaknya:
Tuh, liat, Nobita dapet nilai jelek terus soalnya nggak mau belajar. Males. Kerjaannya tidur di rumah. Makanya, di sekolah ranking terakhir terus. Terus di rumah, akhirnya dimarahin melulu, deh, sama Ibunya.
Kayak gitu bisa jadi pesan moral, kan?

Suneo yang kaya, tapi sombong, ujungnya bikin Suneo sial sendiri. Giant yang suka nyanyi, tapi nggak sadar kalo suaranya jelek, ujungnya bikin dijauhin temen-temennya.

Banyak, kan?

Ya, jelas, dong. 


Spongebob



Lagi-lagi saya pilih kartun 'berstatus' remaja/bimbingan orang tua buat saya masukin ke daftar saya. Sekarang, giliran sang mahluk kuning, Spongebob Squarepants.

Kartun Ini kalo nggak salah pernah diprotes karena tidak mendidik. 

Saya nggak setuju.

Kalo melihat dari sudut pandang yang beda, tetep bakal ada ilmu yang bisa kita raih.

Saya ambil contoh: Patrick.

Ada yang tau pekerjaannya Patrick apa?

Nggak ada yang tau?

Beneran nggak ada yang tau?

Yak. Patrick memang nggak punya pekerjaan. Dia sesekali bantu Spongebob di Krusty Krab, tapi bukan karyawan tetap.

Sekarang pertanyaan berikutnya, ada yang tau Patrick tidurnya dimana?

Benar sekali. Di bawah batu.


Patrick -> nggak punya pekerjaan -> rumahnya di bawah batu.


Itu bisa kita bilang ke anak:
Tuh, efek dari nggak punya pekerjaan, tidurnya di bawah batu. Kamu mau tidur di bawah batu? Nggak mau, kan? Makanya, punya pekerjaan. Belajar yang rajin biar punya pekerjaan kayak Spongebob. Nanti biar bisa tidur di dalem nanas :p

Naruto



*spoiler alert!*

“Aku akan menjadi Hokage!” teriak Naruto dengan suara seraknya.

Itu kalimat Naruto yang sering banget diucapin di tiap episodenya. Dan kalo kamu udah baca ending cerita Naruto, kamu pasti udah tau dong apakah Naruto beneran jadi Hokage atau nggak?

.
.
.
.

Bener banget. Naruto dewasa beneran jadi Hokage.

Impiannya beneran jadi kenyataan

Terus kalo ditanya, apakah proses Naruto jadi Hokage itu gampang?

Beuh. Susah. Pake banget.

Buat yang ngikutin kartunnya di Global TV atau komiknya, pasti ngeh perjuangan Naruto kayak gimana. Dari pertama berguru sama Jiraiya, lawan Gaara, lawan Sasuke, lawan Akatsuki, dll.

Tapi, karena Naruto nggak pernah nyerah, Naruto akhirnya sukses jadi Hokage.

Dan itu juga berlaku buat kamu, kalo kamu nggak pernah nyerah, mau terus berjuang, mau terus kuat menghadapi tantangan, dijamin impianmu bakal tercapai.

Nah, sekarang, apakah kamu sudah punya mimpi? *gaya bicara ala agen MLM*



Itu dia beberapa pesan moral yang diambil dari sekian kartun yang ada di TV. Itu pun sebenernya masih bisa saya gali lagi, tapi saya penginnya cuma sekedar ngasih contoh aja, sisanya bisa dicari sendiri.

Sebagai penutup, saya mau bilang, pesan moral dalam suatu hal, apapun itu, bisa kita ambil kalo kita melihat dengan beragam sudut pandang. Kita bisa mengambil kesimpulan sendiri dari sesuatu yang tonton, lalu kita dapat ajarkan kesimpulan itu ke anak dengan menyelipkan pesan yang positif dan mendidik :)





@aldypradana17

Boleh, lho follow blog ini dengan cara klik link ini atau like page FB saya di sini biar bisa update terus postingan terbaru saya. Thank you! :D

2 comments

nice gan , memang bener tuh , di balik itu semua film kartun juga ada pesan moralnya buat kita ya ..

Reply

bener sekali gan,, lebih baik nonton kartun yang banyak pesan moral dari pada sinetron sekrng,,heheh

Reply

Post a Comment

munggah