Menelaah Ceramah Ustadz Wijayanto

Siapa sih yang tidak kenal dengan Ustadz Wijayanto? Ustadz yang terkenal dengan ceramah dan humor cerdasnya ini, pasti sudah banyak dikenal oleh semua khalayak. Ustadz Wijayanto juga identik dengan ceramahnya yang dicampur dengan komedi yang kritis, sesuai dengan realita yang ada. 

Baru-baru ini, Indosat mengadakan "Tabligh Akbar Indosat bersama Ustadz Wijayanto" yang diselenggarakan di Masjid Fatimah, Solo, Senin (13/8/12). Ustadz Wijayanto menjadi 'bintang utama' di acara tersebut. 

Acara yang harusnya dimulai dari pukul 15.00 WIB ini, harus sedikit molor karena Ustadz Wijayanto datang terlambat. Kalau tidak salah beliau datang sekitar pukul 16.15 WIB. Tapi, itu tidak mempengaruhi acara, masjid tetap diisi penuh oleh orang-orang, dan pastinya, ibu-ibu lebih banyak jumlahnya dari bapak-bapaknya.





Begini, gue termasuk ngefans dengan Ustadz Wijayanto. Menurut gue, beliau mempunyai kriteria yang komplit sebagai 'penceramah'. Gue mempunyai opini bahwa 'penceramah' yang komplit adalah yang mempunyai 3 kriteria berikut,

Materi ceramah + Kritikan + Lelucon

Dan Ustadz Wijayanto memenuhi itu semua. Kemarin, saat gue mendengarkan beliau ceramah, beliau dengan cerdasnya memberikan materi ceramahnya, namun tidak memberikan rasa bosan sama sekali. 

Ada jokes di setiap topik yang dibicarakan, yang disambut dengan tawa oleh para hadirin. Jokes nya tidak sekitar konyol-konyolan saja, tapi ada kritikan didalamnya, ada pesan yang tersirat secara tidak langsung disitu.

Sekarang, gue ingin membedah materi ceramah Ustadz Wijayanto kemarin, mencoba menuliskannya kembali. Bagi gue, ceramah beliau wajib untuk diketahui banyak orang. Ini adalah salah satu materi yang beliau bawakan kemarin, yang ditulis dengan 'gaya gue' tapi, topik tetap sama dengan yang dibawakan beliau.

Orang tua itu harus mempesona anaknya. Nyuruh anaknya belajar, tapi orang tuanya sendiri ga ngerti ini-itu. Kalo anaknya tanya, "Bu, ini internetnya rusak to?" Si Ibu malah jawab, "Lho? Perasaan eternitnya udah Ibu benerin kok." Lhah? Maksudnya tu internet, bukan eternit, masak internet aja ga ngerti to Bu. 

Nyuruh anaknya solat, tapi apa orang tuanya solatnya bener? Mesti kalo pas solat, doanya diganti, yang harusnya baca Al-Fatihah malah bilang gini, "Ini bacaanya sama kayak kemarin Ya Allah." Terus langsung Ruku', pas Ruku' juga bilangnya, "Ini juga kayak kemarin Ya Allah, masak ga ngerti to?" Begitu seterusnya dan ditutup dengan gedeg-gedeg (salam). Ini kok solatnya cepet banget?


Masjid Fatimah

Ini bapak-bapak sama ibu-ibu disini sering solat tahajud engga nih? Ayo solat tahajud! Bapak sebagai suami, bangunin istri buat solat tahajud. Kalo ga bangun-bangun dipercikin air aja muka istrinya. Nah, sekarang kebalikannya, kalo istri ga bisa bangunin suaminya buat solat tahajud, siram aja pake air se ember. Suami sebagai pemimpin harusnya jadi contoh, ga boleh tu males-malesan. Jadi nanti, ibu-ibu abis ini beli ember yang besar ya, buat nyiram suami.

Buat ibu-ibu disini, hati-hati kalo suami suka maen golf. Kalo golf itu kan ada caddy nya ya, wah, ati-ati aja bu, takut-takut suami matanya jelalatan. Cewek caddy itu ya bu, dari jauh aja udah wanginya udah kerasa. Beda kalo di rumah, wangi engga, adanya bau minyak kayu putih, kalo ga bau balsem. Caddy juga badannya bagus-bagus bu, jangan dibandingin sama ibu-ibu yang perut melebar kemana-mana. Yang tiap hari pake daster sama terus, hari ini digantung, besoknya pake lagi, abis itu digantung lagi, besoknya dipake lagi, itu daster sebulan dipake mungkin dicuci cuma sekali.

Ada suatu momen yang menurut gue sangat lucu, yaitu saat Ustadz Wijayanto bertanya, "Ibu-ibu disini setuju poligami engga? Lalu dijawab dengan lantang dan mantap, "ENGGA!" 

Anehnya, saat ditanya begini, "Bapak-bapak disini setuju poligami engga?" Dan, semua bapak-bapak pada waktu itu menjawab dengan lantang, "SETUJU!" Saya cuma bisa ketawa, ternyata bapak-bapak ini punya cita-cita tersembunyi, yaitu punya istri lebih dari satu. Mereka mungkin berpikir poligami lebih baik daripada selingkuh. Jadi, tidak harus sembunyi-sembunyi lagi kali. 


Masjid Fatimah
Gak gue tulis semua, karena mungkin bisa sangat panjang untuk ditulis disini. Gue kira itu saja sudah cukup mewakili. 

Sekarang pembahasannya, dari topik mengenai 'orang tua harus mempesona anaknya', intinya adalah orang tua harus menjadi contoh untuk anaknya, dan juga harus up to date tentang apa yang terjadi sekarang. Kalau orang tuanya pintar, anaknya juga pasti pintar.

Kemudian, 'solat kok cepet banget', jelas sekali, solat itu harusnya santai dan dinikmati. Bukan, cepat-cepat dan terburu-buru.

Topik tentang 'tahajud suami-istri', saling membangun rumah tangga dengan solat tahajud bersama. Suami juga harus menunjukkan kepemimpinannya sebagai suami dengan mengajak istri untuk solat tahajud.

Dan yang terakhir, ini menurut gue adalah kritik kepada ibu-ibu yang tidak menjaga bentuk badannya lagi. Mempercantik diri itu perlu, bukan cuma dengan make up atau baju yang stylish,  tapi juga dengan merawat badan.

Lihat, seperti yang gue bilang di awal, ada materi ceramah, ada kritikan, dan ada jokes juga. Semuanya tergabung dengan rapi. Tinggal masalahnya ada di 'kita'nya, bisa berubah tidak setelah ceramahnya, sadar tidak dengan kritikannya, jangan cuma ketawa-ketawa saja.

Begitu saja dari gue, semoga yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk semua. Salut untuk Ustadz Wijayanto, anda luar biasa pak!  




- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture


8 komentar

saya suka dengan gaya ceramahnya yang pas banget mulai di acara agama 'Sasisoma- Sana Sini Soal Agama' di Geronimo FM...

oh ya soal ceramahnya di atas..saya baca aja ngakak..apalagi dengerin langsung ya..

salam kenal..

Reply

Emang ustadz yang satu ini keren banget. Satu setengah jam acaranya, pasti selalu ada tawanya tapi, ilmunya juga ada.

Salam kenal juga :)

Reply

salam kenal aldy...saya juga penggemar ustadz wijayanto. pernah kuliah agama islam ama dia, errr...kira-kira tahun 98/99 (kita dulu manggilnya mas wijayanto *sok akrab*). paling semangat kuliah ini karna isinya ngakak terus, dapet nilainya juga gampang :)) guyonannya dari dulu mpe sekarang sebenernya begitu2 doang, tapi herannya, kok tetep lucu ya.seneng deh, di era smash ama cherrybelle kek sekarang ini masi ada yang ngefans ama dia :)

Reply

Salam kenal juga :)

Oh, baru tau kalo guyonannya sama terus, maklumlah, saya kan fans barunya beliau, hehe.

Ustadz berkualitas, mau zamannya cherrybelle, JKT 48, atau PKK48, pasti ada yang ngefans. :D

Reply

Manteeeepp dah Kakak - Kakak ini.. Hehee.. Salam kenal yaa..

Oya udah pd tau belum acara beliau di MNCtv??

Folow us @CahyoAsih7

Reply

Salam kenal juga :D

oh yang pagi-pagi itu ya, tau kok. Sering nonton juga.

Reply

Ulasannya boleh juga nih, jadi pengen deh bukunya saya diulas oleh mas. Hehe.

Saya juga suka gaya ceramah beliau apalagi ustadz ym itu lebih ciri khas lagi hehe

Reply

Boleh tuh, kirim aja ke rumah saya bukunya, hehe :D

Ustadz Wijayanto dan Ustadz YM juga favorit saya juga. Mereka banyak menginspirasi saya :)

Reply

Posting Komentar

munggah