The History of Spepy

"Deal nih namanya spepy?"
"Aku DEAL!"
"Aku juga DEAL!"
"Wan, setuju ga?"
"Oke deh, tapi nanti di jersey ditulis tetep oneSeven ya."
"Iya ya Wan. Jadi, namanya deal spepy, tapi di jersey ditulisnya oneSeven. Deal?"
"DEAL!" 


Dan mulai malam itu, terbentuklah sebuah tim futsal dengan nama spepy. Spepy itu singkatan dari spensa smupy, spensa itu SMP Negeri 1 Surakarta, sedangkan smupy itu SMA Negeri 7 Surakarta. Yang awalnya cuma dari iseng-iseng maen futsal, malah jadi pengin diterusin menjadi tim futsal beneran.

Flashback dikit, ide awal tim futsal ini dari temen yang namanya Raya, dia yang ngajak bikin jersey futsal. Terus idenya Raya ditanyain ke temen-temen, ada yang manggut-manggut setuju, ada yang bilang mau asalkan harganya jangan mahal-mahal, ada yang bilang siap berani bayar mahal asalkan jersey nya bagus. Intinya mereka setuju kalo bikin jersey futsal. Karena semuanya setuju, maka pertanyaan pertama yang keluar adalah ...

"Nama timnya nanti apaan?"

Temen-temen saya mikir serius. Temen saya, Reza, nyaranin namanya Victory, sesuai dengan namanya, nanti biar timnya bisa menang terus pas pertandingan. Yang lain keliatan pada setuju, tapi ada yang nyeletuk kalo namanya kurang mantepYah, kalo mau yang mantep, mendingan namanya Victoria's Secret aja sekalian, jadi di jersey nya ada gambar cewek berbikini di bagian belakang, di bagian depan gambarnya BH. Dijamin mantep buat diomongin dan bikin orang kagum setiap ngeliat jersey kita. Entah kagum karena jersey kita bagus atau kagum karena mereka terangsang dengan jersey nya.

Ada temen saya, Narko, dia buka google translate terus asal ngetik nama dan ditranslate ke bahasa lain. Lalu, dia bilang,

"Ini ada uncept, mau ga?"
"Itu singkatan dari Universitas Setia Budi?" Jawab saya.
"Bukan! Singkatannya Universitas Setia Budi tu USB." Dijawab serempak sama yang lain, sialan.
"Uncept? Lha kok namanya mirip UNICEF?"
"Daripada UNICEF, kenapa ga MASTERCHEF aja sekalian?"
"Tanggung, mending Sexy Chef, kaosnya ada gambar Farah Quinnnya."

"HAHAHAHA." 

Tawa dengan muka mesum langsung menggelegar saat itu juga.


Ga kebayang kalo beneran ada gambarnya mbak Farah Quin di jersey futsal


Baru masalah nama aja, bikin pada gila sendiri. Padahal, masih ada yang harus dipikirin selain nama tim, kayak desain kaos, logo tim, sama warna kaos. Saat ditanyain 3 hal tadi, yang lainnya pasti pada ngasih ide yang mirip dengan klub favorit masing-masing. 

Misalkan, temen saya Chandra, dia suka sama MU, maka dia ngasih ide yang mirip-mirip dengan MU, dari warna jersey nya yang merah, logo yang kayak setan, sama desain baju yang mirip-mirip sama MU. Yang lainnya jadi ikutan ngasih ide sesuai dengan klub favoritnya masing-masing. Saya mikir, kalo gini terus, ga bakal jadi-jadi nih kaos. Akhirnya, kita diskusi kalo desain jersey ga boleh mirip sama klub-klub terkenal. Semuanya harus baru, harus fresh from the oven.

Esoknya, tepat pas habis futsal, kita planning lagi masalah jersey yang ga selesai-selesai ini. Percakapan absurd pun keluar lagi disini.

"Gimana nih bajunya jadi bikin ga?"
"Jadilah, masa ga jadi."
"Ya udah, ada ide buat nama tim mungkin? Atau desain kaos sama logonya?"

Suasana langsung hening. Lalu, ada yang ngomong, 

"Gimana kalo logonya pake mawar aja?"
"Ha? Kita ini mau maen futsal, bukan dagang bunga!"
"Jangan bunga, gimana kalo gambar hati kepanah? Terus ada kawat-kawat berduri muterin bunganya, keren banget tuh." Bales si Chandra, ketauan banget kalo lagi jomblo.

Kemudian, si Reza bilang,

"Eh, Dy, gimana kalo namanya spepy, itu gabungan dari spensa sama smupy, disingkat jadi spepy, pas kan?"
"Hmmmm.... Bagus juga namanya, agak mirip sama scoopy merek motor Honda sih, tapi lumayan kok." Jawab saya sekenanya.
"Ogah ah, masak nama kayak nama banci gitu? Aneh." Wawan tiba-tiba ngomong, dia ga setuju.

Padahal, pas ditanyain ke temen-temen, yang lainnya pada setuju dengan nama itu. Jadi, katakanlah, jumlah orang 19 orang di tim ini, semuanya setuju, tapi ada satu yang engga. Dan si Wawan ini juga cukup ngotot, dia beneran engga mau make nama 'spepy' di jersey nya nanti. Akibatnya, bikin proses pembuatan jersey jadi tambah molor.

Akhirnya, nama tim diganti jadi oneSeven. Tapi, tetep panggilan kita adalah 'spepy', karena namanya yang lebih cathcy dan lebih gampang buat disebutin. Orang-orang yang ikut tim ini emang gabungan dari murid-murid spensa dan smupy. Dan sebenarnya, timnya juga ga bagus-bagus amat maennya, yang maennya level dewa paling cuma 5-6 orang aja. Dan saya? Saya cuma cadangan di tim ini dan kalo tantangan, saya hanya maen 15 menit terakhir. *hiks hiks*

Setelah beberapa minggu, nama tim, logo tim, dan desain kaos, akhirnya jadi juga. Hasil copy paste Google ternyata ngaruh, logo yang mirip shuriken nemu di Google diganti warnanya, desain jersey diambil dari tim Euro 2012 yang digabung dan diplesetkan dikit biar ga mirip. 


Ini desain hasil dari paint:

Tim yang siap menang (dengan keberuntungan) dan siap kalah dipermalukan

Sekarang semuanya udah selesai, tinggal ngumpulin nama sama nomor pemain-pemainnya aja. Saya gampang aja, nama cukup 'ALDY' dan nomornya 17, masih normal lah, engga neko-neko. Ada yang aneh kayak nama YUDHA M, nomor 69, begini nih kalo punya obsesi jadi sutradara film bokep. Orang ini juga yang punya usul nama timnya 'Sexy Chef' itu. Yah, saya sebagai temannya cuma bisa berdoa agar dia cepat taubat. 

Ada juga yang minta namanya ditulis dengan huruf yang besar-kecil, dia pengin namanya tuh ditulis ' h A n S ' dan nomornya 9. Untung dia ga minta namanya dicampur antara huruf dan angka, kayak 'h4nS g4nTeennGzz  BeUdth'. Karena saya dan teman-teman saya tidak ingin ada jiwa alay di tim ini, nama itu kita tolak mentah-mentah. 

2 bulan berlalu, jersey timnya pun jadi, cukup seneng dengan hasilnya, walaupun ada salah dikit desainnya, tapi kita semua tetep puas dengan hasilnya. Kita juga udah ngelakuin beberapa kali tantangan dengan tim lain, ada yang menang dengan susah payah dengan skor sangat ketat dan ada juga yang kalah telak sampe 15-2. Sungguh, itu pertandingan yang sangat tidak seimbang sebenarnya.

Dan sekarang, futsalnya lagi vakum dulu karena lagi puasa. Bingung juga,  orang-orang ga waras ini bisa juga bikin tim futsal dan juga bisa bikin desain baju yang lumayan keren hasilnya. 


Kalo ditanyain, apa yang paling diinget dari tim 'spepy' ini, jujur, saya ga akan bilang pas kita menang pertandingan, itu memang pasti keinget, tapi saya lebih suka saat saya dan teman-teman saya berkumpul, lalu menyatukan ide masing-masing. Ngeliat teman-teman saya ngelakuin hal-hal random dan dengerin mereka menjawab dengan ngaco itu hal yang indah menurut saya. :)



Post a Comment

munggah