Liburan Asyik di Kampung Warna-Warni Jodipan

sumber:saputerbang.com

Ada banyak tempat liburan baru di Kota Malang, salah satu yang sedang ngehits sekarang adalah Jodipan Village atau Kampung Warna-Warni Jodipan. Kampung ini adalah karya Mahasiswa UMM yang menggandeng suatu perusahaan cat untuk mengubah wajah kampung di tepi Sungai Brantas.

Tak disangka, gagasan ini ternyata membawa perubahan besar bagi kampung yang dulunya kumuh, kini menjadi cantik dan menarik dengan warna-warni yang sedap dipandang mata.

Lokasi

Kampung Jodipan berada tidak jauh dari Stasiun Kotabaru, Malang. Dari stasiun, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit saja untuk menikmati kawasan wisata ini. 

Dengan lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, dengan cepat Kampung Warna-Warni yang dulunya hanya tugas kuliah, menjelma menjadi tempat wisata di Malang yang banyak dikunjungi wisatawan.

sumber:medium.com

Kampung Tridi

Melihat kesuksesan kampung warna-warni, kawasan di daerah Jodipan lainnya pun ikut berbenah. Salah satunya adalah Kampung Tridi yang mengambil konsep dengan gambar 3 dimensi yang apik. 

Tidak sekedar dicat seperti kampung warna-warni, kampung Tridi juga punya banyak gambar-gambar menarik untuk menarik perhatian orang banyak agar datang liburan ke sini.

Jalanan Yang Cantik

Jalan-jalan kampung yang dulu kumuh, sekarang berubah menjadi cantik dan menarik. Selain banyak cat dan gambar-gambar yang menggoda mata, tapi juga adanya hiasan yang dipasang warga untuk memperindah Jodipan Village.

Ada jalan yang dihias dengan payung-payung indah. Ada pula yang dihias dengan bunga-bunga yang lokasinya sangat instagramable.  

Kawasan tepian sungai yang dulu kotor, kini bersih dan ditata rapi. Lengkap dengan beberapa meja dan kursi yang bisa menjadi spot untuk mengambil foto maupun video.

sumber:malang.merdeka.com

Jembatan Kaca

Dulunya, kawasan wisata di Malang ini terpisah oleh sungai. Kampung pun terbelah menjadi dua, kampung sebelah kanan dan sebelah kiri sungai. Sehingga pengunjung harus memilih, mau menjelajahi Jodipan Village di bagian sebelah mana.

Sekarang hal itu sudah tidak perlu dirisaukan lagi, karena baru-baru ini Pemkot Malang membangun jembatan kaca yang menghubungkan sisi kanan dan kiri kampung. Ini merupakan jembatan kaca pertama di Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi wisata di Malang.

Dengan jembatan kaca ini, kamu bisa main ke dua sisi kampung tanpa perlu naik ke bagian atas jembatan utama terlebih dahulu. Cukup dari bagian tengah kampung, dan kamu bisa menuju sisi lain dari kampung warna-warni yang artistik ini.

sumber:indana.co.id

Perhatikan Keselamatan

Kampung Jodipan memang menarik, apalagi ketika dilihat dari atas. Namun kadang pengunjung kurang memperhatikan keselamatan dan nekat mengambil gambar dari tepi rel kereta api.

Jalur kereta di sana sempit. Ditambah lagi, sudah berjatuhan korban karena nekat berfoto saat ada kereta lewat. Inilah yang harus diperhatikan betul oleh pengunjung. Penduduk sekitar selalu memperingatkan bahwa mengambil foto ataupun video dari rel kereta (yang dikenal dengan nama Buk Gluduk) memang tidak diperbolehkan.

Selain itu, perlu juga diperhatikan keselamatan kalau ingin memfoto dari sisi Jembatan Brantas. Jembatan itu adalah jalur provinsi, banyak truk dan bus berukuran besar berlalu lalang setiap menitnya.

Perhatikan benar posisi saat mengabadikan momen, jangan sampai timbul korban karena urusan eksis di atas kampung warna-warni.

Post a Comment

munggah