My Nokia Lumia 520

Dulu, gue pernah menulis di blog ini bahwa saya akan mempunyai Nokia Lumia 520. Dan setelah berhari-hari kemudian, akhirnya smartphone yang udah lama gue idam-idamkan ini jatuh ke genggaman saya juga. *elus-elus hp baru*

Tidak seperti yang gue bilang di tulisan inigue gak perlu menjual diri gue ke tante-tante girang, atau jaga lilin malam-malam, cukup dengan menjual barang yang ada di rumah dan sedikit menabung, terbelilah juga Nokia Lumia 520 berwarna hitam pekat ini. Sekalian aja, gue mau tulisin review Nokia Lumia 520 ini. Siapa tau ada yang mau beli hape baru dan bingung mau beli hp apa, Nokia Lumia 520 bisa jadi pilihan anda. Anggep aja tulisan ini sebagai panduan anda untuk mendapatkan pilihan yang tepat (semoga). 

(+) 
1) Harga yang saya dapetin di okeshop itu 1,85 juta, cukup murah untuk layar 4 inchi, dan os Windows Phone 8. Ada prosesor 1 GHz, internal storage 8 Gb dan RAM 512 mb. Cukup bagus untuk harga dibawah 2 juta. Kalo gue nyari android dengan harga segitu, mungkin gak bisa dapet yang sebagus ini. 2) Gue suka sekali desain dari Lumia 520. Berkelas, mahal, kokoh. Jujur gue lebih suka desain Lumia 520 daripada Lumia 620. Pokoknya,  secara fisik smartphone ini keren banget deh. 3) Live Tiles. Orang yang ingin beli Windows Phone, pasti suka sama tampilan menunya. Beda banget sama android dan iOS, menu di WP bisa diatur letaknya, ukurannya, dan bisa gerak-gerak sendiri, hehehe. 4) Nokia sangat ngandalin banget fitur kameranya, di L520 ada 5 megapixel tanpa flash dan kamera depan. Pas moto dimana banyak cahayanya, udah bagus banget, tapi pas indoor dimana cahayanya kurang atau saat malem, ga usah berharap banyak, karena kualitasnya kurang memuaskan. Walaupun, itu wajar sebenarnya karena hp ini gak ada flashnya. Anggep aja itu sisi negatifnya. Namun, di Nokia Lumia sendiri udah dipasang berbagai macam fitur kayak Panorama, Cinemagraph, Smart Shoot, dan ada juga edit foto mirip-mirip instagram gitu deh. Jadi di fitur kamera ada sisi positif dan negatifnya. Buat gue, gak ada flash bisa gue terima, tanpa protes berlebihan. 


(-)

Nah biar adil, berikut adalah sisi negatif  dari Nokia Lumia 520. 1) Apps dan game. Ini pasti ya, kalah banyak dari android dan iOS, itu juga di store Marketplace banyak yang berbayar pula. Ada sambungan ke Xbox, tapi kalo 1 game harus bayar minimal 10 ribu juga harus mikir-mikir juga buat download. Gue udah tau sama ini, dan bisa menolerir itu, tapi gak tau sama pengguna WP yang lain. Selain itu, bisa beli apps dan game dipermudah dengan bayar pake pulsa. Gak harus pake kartu kredit. Bisalah ini dibilang kelebihan. 2) Sistem multi-taskingnya. Orang bilang WP pake "idle" teknologi atau kayak gitulah, yang jelas WP bisa sih make banyak apps atau yang lain, tapi saat "app" yang gak dibuka, dibuka lagi, "app" yang tadi langsung ngerestart lagi saat dibuka. Misalkan, saya buka browser, searching soal JKT 48, lalu saya pencet home, masuk ke sms. Nah, pas gue masuk lagi ke browser, browsernya ngerefresh dulu. Kayak ngulang (ngerestart). Jadi buat yang baru pegang WP, ga usah heran kenapa multi-tasking gini, bukan karena rusak tapi emang settingannya begitu. 


3) Internet Explorer. Saya baca semua review dari Nokia Lumia 920 sampe Nokia Lumia 520, pasti ada aja yang ngeluhin browser default dari Microsoft ini. Saya sempat mikir, "Masa sih sejelek itu?" Setelah abis gue coba, eh iya beneran jelek. Jelek karena pelan ya. Dan yang bikin jelek lagi, Internet Explorer itu default browser, gak bisa diganti. Terus di storenya, ga ada tuh Google Chrome atau Mozilla Firefox. Ada browser kayak Nokia Express atau UC Browser, ga begitu ada bedanya sama IE, secara tampilan maupun secara kecepatan. Maka dari itu, bersabarlah dengan browser Internet Explorer. 4) Shutter Camera. Ada tombol disebelah kanan hp, paling bawah sendiri, itu untuk shorcut ke kamera. Masalahnya, pencetannya gak semantep tombol volume atau tombol lock screen, agak mencet sedikit keras baru bisa. Cukup sering dikeluhkan bagi pengguna Nokia Lumia 520 lain. Gue sendiri agak sedikit kecewa, ada sih menu sendiri untuk masuk ke kamera, cuma tanggung aja menurut saya. Bagian volume dan lock screen normal, tapi pas kamera kurang. 

Ini adalah hasil kamera dari Nokia Lumia 520 gue. 

hasil dari panorama, dan editan dari menu kamera di Nokia

nyoba pas abis beli Nokia Lumia 520


foto di kamar dengan keadaan low light

Kalo yang ini screenshotnya dari Nokia Lumia saya.

twitter for windows phone

bikin word dari hp terus bisa diupload ke skydrive

ini saat lagi update apps

homescreen

games abis download di Store

lockscreen

menu photos

Sebagai penutup, gue puas sekali dengan Nokia Lumia 520. Harga dibawah 2 juta dengan kualitas seperti ini, menurut gue sangat bagus. Nokia dengan tampilan Live Tiles dan Windows Phone 8 nya, luar biasa memuaskan. Kameranya jika banyak cahaya sangat bagus, fitur-fitur dari nokia untuk kamera juga keren banget. Oh iya, lupa nyebut diatas, ada Nokia HERE dan HERE Drive yang udah keinstall juga menambah fitur di Nokia Lumia. Kalo dinilai, gue akan kasih 85 buat smartphone ini. 


Join This Site: aldyond

and Follow My Twitter: @aldypradana17

34 comments

Bener sekali, . . . . TOMBOL KAMERA di sisi kanan bawah aduuuh susah buanget mencetnya

Reply

Iya sama, saya sekarang malah jarang mencet tombol shutter Camera lagi. Susah soalnya :|

Reply

pengen beli tapi... dengar2x di Gsmarena.com ntar ada succesor dari nokia lumia 520 yang diberi kode nama Nokia Glee = Nokia Lumia 525. ktanya lumia 525 akan jadi budget musik pertama kali di seri Lumia dengan harga low price.

Reply

Wah, ga tau saya soal itu. Soalnya kemarin Nokia ga luncurin itu, cuma ngeluncurin Nokia Lumia 2520, 1520, sama 1320. :)

Reply

iya sih pada event nokia world ga ada lumia 525. Rumornya sih bakalan telat ngeluncurin nokia lumia 525 dan juga smartphone High-end lumia 929 pada bulan November nanti. dan akhir-akhir ini gak spesifikasi yang jelas pada kedua smartphone tersebut...

Reply

Kalaupun 525 bakalan ada itu berarti taun depan, dan setelah 2520 1520 1320 keluar semua. Kalau 929 itu setauku cuma di amerika aja, ga diluncurkan di Indonesia :)

Reply

Halo, mau nanya. Bisa download applikasi2 kayak WA, Line,dll kah? Aku minat bangettt abis baca blog kamu hehehe -RC

Reply

Aplikasi kayak Whatsapp, LINE, kakao talk, wechat, Facebook, twitter ada semua. Ada yang sama bagus nya sama android, kayak whatsapp, ada yang belum, LINE belum ada game nya. :)

Reply

Wah fix beli deh aku. Makasi banyak yaa :) -RC

Reply

Semoga puas ya dengan Nokia Lumia :D
Kalo mau ada yang ditanyain bisa lagi bisa lewat komen disini aja :)

Reply

Mau Tanya gan,Ada aplikasi pembersih memori ram GA ya.kya clean master di
Android

Reply

Ga ada gan, adanya cuma di setting - storage check aja.

Reply

Mksh infonya,pantesan muter2 GA ktmu, sedikit kcewe nih gan beli Lumia 520 coz Blum tau cara transfer lagu via Bluetooth,kali nerima sih oke oke aja,

Reply

di Setting- Bluetooth di on kan terlebih dahulu, terus pairing,
kalo ga bisa coba tanya ke Nokia tempat beli nya aja dulu

Reply

kirim lagu/nerima lagu,foto,vidio smuanya bisa menggunakan aplikasi bluetooth share.....

Reply

Gan, kenapa yaa ko di lumia 520 saya setiap maen game kaya Jet car Stunts suka keluar sendiri ? Padahal tombol tiga yg dibawahnya kg kepencet ..
Mohon pencerahannya
makaseh

Reply

Nah, bener nih. Ada pilihan Share terus pilih bluetooth, (sebelumnya aktifkan bluetooth dulu)

Reply

Mungkin storage nya terlalu penuh, jadi terlalu berat. Saya ga download maen Jet Car Stunts, jadi ga tau.

Reply
This comment has been removed by the author.

Hi..!!
ulasan 520'nya menarik.
BTW, mau tanya, battery life'nya gmn ya?
Layar 4", batre cuma 1430mAh. Saya skrg pake LG L3 II Dual, layar 3"an, batrenya udah 1500mAh. And as a result, cukup sekali charge buat online seharian.
Batre 520 gmn? Klo paket data 3G ON SEHARIAN kaya android, kuat brp jam? (LG saya tahan 18 jam)
Klo dicharge sambil internet terhubung kaya android, butuh waktu charging brp jam?
waiting for your reply..
thank you so much in advance ^ ^

Reply

Buat baterainya bagus kok. Buat ngecharge sampai full cuma butuh 1 jam an.
Online seharian kuat, kecuali kalo dipake buat ngeliat video, youtube an, lumayan boros.

Reply

halo,mau nanya nih kl lumia 520 bisa pk persis instagram gitu gaksih?thx,before

Reply

Ada aplikasi Instagram Beta sama aplikasi 6tag di semua Nokia Lumia kok.

Reply

Makasih banyak, gan.
Sepertinya jadi switch to Lumia hehehe ^ ^

Reply

Oke :)
Dipilih Lumia yang bagus ya, sekarang kan ada banyak yang baru tuh, Lumia 525, 625, 630, 635.

Reply

Mo nanya gan, hp ane lumia 520 bru 3 bln, tp knapa tombol daya nya g berfungsi lg, buat matiin ma mgaktifin hp jd susah, apanya yg rusak y gan,

Reply

Coba cover dilepas dan tombol daya disesuaikan lagi sampe bisa berjalan normal. Mungkin cuma masalah "meleset" di bagian tombol. Kalo tetep gak bisa, paling gampang ke nokia care langsung aja. :)

Reply

Cover pernah di buka, trus ane pencet pake kuku berkali kali mah ttp ja g bs, terpaksa aktifin layar hp di misscall or pencet tombol kamera

Reply

gan mau nanya ,pas tekan tombol buka kunci lampu merahnya kedip 1 kali.nggak apa2 kan ya? trims.

Reply

Belum pernah ngalamin itu, harusnya gak ada masalah.

Reply

Hallooo, ikutan giveaway di blogku dong.. Hadiahnya cincin berlian khusus buat pengguna Lumia...

Reply

Lumia 520 kan gak ada kamera depannya?

Reply

Nggak ada, mending beli versi yang lebih baru aja Lumia 535, harga 2 jutaan, kamera depan dan kamera belakang dua-duanya 5 MP :)

Reply

Hapeku 3 tahun yg lalu nih....

Reply

Post a Comment

munggah