Cara Menggunakan Fitur “Promotions” di Instagram


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sebenarnya saya pernah membahas ini di sini dan di sini, tapi saya akan coba tuliskan kembali dengan bahasa yang lebih mudah.

Jadi, saya sedang berjualan online di Arsenio Store ID. Toko saya menjual Apparel simple dan minimalis, seperti, hoodie, sweater, celana, dan masih banyak lagi. Saya menjual produknya di Tokopedia: Arsenio Apparel Store.

https://www.tokopedia.com/arseniostoreid

Untuk meluaskan pasar, pada Rabu, 16 Mei 2021, saya mencoba fitur “promotions” di salah satu postingan Instagram @arsenio.store.id. Berikut adalah pengalaman saya menggunakan fitur ini.

Awal Pengaturan Fitur Promotions

1. Pertama, saya memilih postingan mana yang mau saya promosikan. Pilihan saya jatuh pada, foto Baseball Cap. Harganya paling murah, siap untuk percobaan pertama.

https://www.tokopedia.com/arseniostoreid/topi-baseball-cap-series-hitam

2. Saya mengetuk pilihan “Promote” di postingan tersebut. Muncul menu GOAL. Pada menu ini, ada 3 pilihan:

- more profile visits

- more website visits

- more messages

Saya memilih more website visits.

3. Next, saya masuk ke menu AUDIENCE. Di menu ini, ada dua pilihan:

- automatic

- create your own

Agar lebih memudahkan bagi saya, saya memilih automatic. Artinya, Instagram akan mempromosikan sesuai followers yang saya punya sekarang. Dari segi lokasi dan data lainnya.

4. Selanjutnya, pilihan BUDGET & DURATION. Saya memilih yang paling murah, yaitu 20.000 x 6 hari = 120.000 + pajak 10%. Total = 132.000

(Pembayarannya waktu itu saya lewat Alfamart. Saya harus isi “pulsa” Instagram dulu. Baru dari sana, saya membayar biaya promosinya).


Hasil Setelah 6 Hari

Saya menjelaskan secara detail statistiknya pada media lain, yaitu di sini dan di sini. Khusus di blog ini, saya langsung saja ke hasil akhir dari promosinya.

Pada bagian postingan yang saya promosikan, saya mengetuk tulisan INSIGHT. Pada bagian itu, terdapat data statistik dari promosi yang sudah terlaksana.

Discovery: menjangkau 7.582 orang

Impressions: 9.396 orang.

Gender: Men 69%, Women 31%

Untuk usianya, menjangkau banyak sekali kalangan. Paling banyak usia 25-34 dan 35-44, yaitu 22%. Paling sedikit adalah usia 55-64 -> 8% dan usia 65 ke atas -> 11%.

Dari jangkauan itu, paling banyak berada di Jawa Barat 24%. Sisanya berada di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, dan Banten.

Berkat postingan yang dipromosikan, ada 47 orang mengunjungi profil instagram @arsenios.store.id dan 95 orang mengunjungi link websitenya. (Tokopedia). 



Kesimpulan 

Sebagai uji coba, hasil promosi Instagram ini termasuk luar biasa. Saya tidak menyangka hasilnya sebanyak ini. Pada akhirnya, postingan Baseball Cap tadi mendapat 42 likes.

Tampak angka yang biasa saja, tapi 42 likes itu didapat setelah menjangkau 7.582 akun. Dari angka sebanyak itu, banyak juga yang akhirnya melihat profil dan mengunjungi link Instagram Arsenio Store ID.

Beberapa orang juga mengikuti Tokopedianya: Arsenio Apparel Store.

Followers Instagram: 148 (bertambah 15)

Followers Tokopedia: bertambah menjadi 30

Jika menggunakannya dengan baik, dengan rencana yang terukur, dan penghitungan modal yang tepat, hasil dari fitur promosi ini bisa sangat maksimal.

Melihat data statistik di atas, jujur, saya ingin melakukan promosi di Instagram @arsenio.store.id lagi.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Mix & Match: Casual Dengan Basic Sweater https://youtu.be/ZabF6BXNsmc




- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture


Posting Komentar

munggah