The Dark Knight Rises




Directed by Christopher Nolan

Producer: Christopher Nolan, Charles Roven

Cast: Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman, Anne Hathaway, Tom Hardy, Marion Cotillard, Joseph Gordon-Levitt, Morgan Freeman.
165 min

Setelah 8 tahun sejak kematian Harvey Dent, keadaan Gotham City menjadi lebih tenang. Harvey Dent diangkat sebagai pahlawan sedangkan Batman dituduh menjadi tersangka pembunuhan Harvey Dent. Dan sejak itu pula, Batman tidak pernah terlihat lagi. Kemudian, munculah Bane yang meneror Gotham City, memaksa Batman untuk kembali beraksi.


Itu dia sinopsis singkat (atau mungkin sangat singkat) dari The Dark Knight Rises (TDKR), saya tidak ingin memberikan sedikit pun spoiler disini, hehehe. Kembali ke filmnya, inilah TDKR, film penutup dari trilogi Batman versi Christophen Nolan, yang pasti sangat ditunggu-tunggu semua khalayak, terutama fans Batman sejati. Apalagi setelah keluarnya film super-keren "The Dark Knight", dijamin ekspektasi tinggi jelas ada di film ini. Lalu, apakah film ini sebagus film sebelumnya? Nah itu dia pertanyaan terbesarnya.

Untuk sekedar mengingatkan, penting banget untuk nonton film sebelumnya, Batman Begins & The Dark Knight, untuk mengingat alur ceritanya. Karena di film TDKR ini memang bener-bener ada hubungannya sama 2 film sebelumnya. Kesedihan, kedepresian dan kehilangan Bruce Wayne misalnya, itu diakibatkan dari film The Dark Knight dimana Rachel Dawson meninggal di film itu. Atau penghormatan Harvey Dent yang diangkat sebagai pahlawan, yang sebenarnya itu hanyalah kebohongan yang ditutupi oleh Jim Gordon dan Batman sendiri.  Lalu dari film Batman Begins sendiri, ada hubungannya dengan The League of Shadows, tempat Bruce Wayne belajar sebelum menjadi Batman. Di film ini, bakal ada juga cuplikan-cuplikan dari kedua film sebelumnya juga, yang menunjukkan ini memang sebuah penutup dari Batman . Sebuah akhir, sebuah conclusion dari simbol Batman itu sendiri.

Film ini menurut saya lebih kelam dari 2 film sebelumnya. Lebih epic, walaupun tetap belum bisa mengalahkan The Dark Knight. Cerita TDKR lebih rumit, disini Bruce Wayne benar-benar diuji secara mental dan fisik. Dan dari judulnya, dengan tambahan 'RISES' memang bakal menjelaskan bahwa Bruce Wayne harus bisa bangkit dari keterpurukannya. Di film ini juga, lebih banyak twist nya juga dan semoga saya tidak keceplosan untuk menuliskannya disini, hehe. TDKR membagi semua tokoh sama rata, tokoh lama dan baru, seperti John Blake, Catwoman, Miranda Tate, & Bane, mendapat porsi sama rata. 





Jika anda berharap film ini akan sama dengan The Dark Knight, maka bersiaplah untuk kecewa. Film ini condong ke gaya Batman Begins menurut saya, temponya lambat diawal dan dihajar habis-habisan di akhir. Perhatikan hal kecil, ingat ini film Christophen Nolan, dia membuat film rumit seperti Memento & Inception. Memang, film ini tidak akan seribet itu, tapi tetap akan ada twist yang cukup membuat anda berfikir dan bingung.


Seperti yang saya bilang, semua tokoh mendapat jatah yang sama banyak, dan masing-masing bisa memanfaatkan sama baiknya. Akting jempolan semua. Actionnya keren. Dialognya keren. Saya ga bisa nulis lebih banyak lagi, karena takutnya ngasih spoiler. Percayalah, jika saya memberikan petunjuk sedikit saja, anda pasti tidak akan 'wah' lagi saat nonton langsung. Filmnya durasi 2,5 jam, tapi ga bakalan kerasa kok. Inilah film superhero terbaik tahun ini, setidaknya sampe bulan Juli ini. Wajib ditonton! 

Rate 4.5/5

Post a Comment

munggah