Kamu Nanti Mau Jadi Apa?



Guru SD saya pernah bertanya,  "Apa cita-cita kamu? Tuliskan di buku tulismu. Tuliskan kamu nanti besarnya mau jadi apa." 

Saya yang belum tau cita-cita saya, yang belum paham saya nanti mau jadi apa ke depannya, akhirnya cuma bisa tengok kanan dan kiri.


Kamu Nanti Mau Jadi Apa?

Kamu Nanti Mau Jadi Apa?

Kamu Nanti Mau Jadi Apa?


Itu terngiang-ngiang di kepala saya, dan membuat kepikiran terus sampai saya akhirnya saya menemukannya pada beberapa tahun belakangan ini.

***

Barusan adalah kalimat pengantar yang berujung pada sebuah video yang saya buat. Saya mengalami banyaaaak sekali naik dan turun di kehidupan, dan saya putuskan untuk dijadikan sebuah video. Tujuannya adalah sebagai pengingat buat saya, bahwa alam semesta punya caranya sendiri untuk memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. 

Kadang, kita yakin akan sesuatu, dan berharap sekali dengan sesuatu itu. Tapi jika memang "itu" bukan jalan yang tepat buat kita, kita pasti akan diarahkan ke jalan yang lebih cocok olehNya.

Kemudian, masuk ke videonya sendiri.


A stop motion movie.

Saya nggak tahu kenapa, saya suka stop motion.

Saya pertama kali nyoba stop motion itu dulu pas zaman vine. Video 6 detik isinya gerakin mobil langkah per langkah, seolah-olah mobil-mobilannya jalan beneran. Cuma begitu doang, tapi seneng aja rasanya bikin video sesederhana itu. 

Pada film stop motion berjudul Kamu Nanti Mau Jadi Apa? ini, saya menggambar dan menulis semua "properti" yang ada di video ini. Hasil jepretan dibantu oleh adik saya, Ardy, yang juga membantu proses mempersiapkan properti yang dibutuhkan.


Terdapat sekitar 180 foto yang diambil menggunakan iPhone untuk membuat video stop motion seperti ini. Dibutuhkan sekitar 1-2 jam untuk pengambilan gambar dan sekitar 3 jam lebih untuk pengeditannya. 

Cerita didalam video ini pun semua berasal dari my true story

Semoga dibalik kerja keras dalam pembuatan #stopmotion ini, bisa diambil hikmahnya dan bisa pula bermanfaat buat semua. Dan buat semua orang yang masih belum menemukan nantinya mau jadi apa, semoga film pendek ini bisa membantu.



Audisi Stand Up Comedy Story: https://goo.gl/rEQmzB

Perjuangan Menjadi Penulis Buku: https://goo.gl/C4kL3u






- short description about the writer -

Guru Bahasa Inggris & Komputer | Movienthusiast
Follow my blog: aldypradana.com


Kumpulan postingan, label, dan kategori bisa dilihat di sini


2 comments

Kontennya sederhana, tapi cara penyampaiannya menarik banget. Dulu saya pernah bikin stop motion kayak gini juga dan wew, memang cape banget ngerjainnya.

Reply

bikin yang sederhana dulu aja buat awal, yang lebih ribet nanti aja sambil berproses :)

Capek, tapi worth it

Reply

Post a Comment

munggah