Ngevlog Yoh!


Sekarang lagi zaman yang namanya Vlog atau Vlogging. Apa itu vlog? Menurut wikipedia,
Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. 
Mengerti? 

Apa? Nggak ngerti?

Oke, versi gampangnya begini. Dari sudut pandang ane nih, ya. Vlog itu versi videonya blog. Jadi kalo di blog ada judul postingan, "33 Bahaya Deadpool Untuk Anak-Anak!" Ya udah, isinya TULISAN berhubungan sama judulnya. Nah, kalo di vlog, isi postingannya berupa VIDEO, bukan tulisan. Gitu. 

Ngerti, kan? 

Sip. 

Vlog bisa sketsa, film pendek, bahkan daily life. Kalo di Indonesia, vlog terkenal itu kayak Raditya Dika, Bayu Skak, Skinny Indonesia 24, dll. Nah, saya mau nyoba bikin vlog juga. Dimulai yang paling gampang, vlog saya pertama-tama tentang daily life. Memang saya bukan artis, kehidupan saya juga kurang begitu penting. Jadi, saya akan berusaha membuat video semenarik mungkin. *bersumpah di depan bendera merah putih* 

Ada juga beberapa alasan lain kenapa saya mau coba Vlog: 

1. Mau nyemplung di Youtube 

Saya merasa blog mulai sepi. Masih banyak pengunjungnya, sih, tapi nggak kayak dulu lagi. Ngehitsnya Youtube, salah satu alasan blog agak turun. Mungkin, sekarang saatnya saya menyelami dunia Youtube *padahal aslinya nggak bisa renang* 

2. Belajar editing 

Saya sekarang baru bisa edit video pake Movie Maker *sedih* Makanya, saya ingin nyoba belajar editing pake software lain yang lebih yahud. Ini penting karena saya ingin.... 

3. Bikin film sendiri 

Film pendek maksudnya. Tapi, film layar lebar boleh juga *ho ho ho* Saya suka banget nonton film, dan pernah kepikiran, "Saya pengin jadi sutradara film!" Saya masih belajar penulisan skenario, lalu sadar betapa susahnya nulis skenario. Jadi, saya mau ngubah yang susah itu jadi mudah, dengan nyicil belajar dari saat ini. Soalnya, kalo nggak dimulai-mulai, nanti mimpinya nggak kesampaian dong. 

4. Berjuang jadi penulis buku 

Premis saya ternyata masih kurang menarik bagi penerbit. Makanya, saya harus menekuni premis baru. Dengan Vlog tentang daily life ini, saya mau angkat temanya tentang guru. Judul vlog saya nanti TVlog atau Teacher's Vlog. Saya mau nyari ide buat buku personal literature tentang guru. Saya harap, ide premis-premis keren muncul seketika lewat Vlog ini. 

5. Dokumentasi 




Begitu. 

Buat temen-temen yang baca, terus tertarik bikin juga, ayo belajar bareng-bareng bikin karya lewat Vlog. 

"Tapi saya kan nggak punya kamera DSLR?" 

Saya juga nggak pake kamera DSLR. Adanya kamera digital bisa (pocket camera) Canon IXUS 175. Harga satu jutaan. Kalo kamera handphone bagus, dipake aja. Emang ada ketentuan harus pake kamera mahal, ya? 

"Tapi yang direkam apa dong? Nggak ada ide." 

Belajar dari idola. Saya Ngevlog pertama bakal kayak RVLOGnya Raditya Dika. Simple. Cuma ngerekam lagi apa, edit, terus upload ke Youtube. Nanti kalo saya udah keren editannya, baru bikin sketsa komedi kayak Youtuber luar negeri, Anna Akana. Kalo udah keren selevel dewa, udah jago banget, baru film pendek kayak Rocket Jump atau Malam Minggu Miko. 

Langsung dicek aja, ini VLOG pertama saya, TVlog - Ketika Guru Ngevlog


https://www.youtube.com/watch?v=H4OJUNCROjc


Like, comment, dan subcribe!

 https://www.youtube.com/c/AldyPradana17

Follow my blog: aldypradana.com
FB + Instagram + G+

2 comments

Pingin juga belajar main youtube, tapi katanya untuk daftar ke asaensenya agak susah ya mas??

Reply

Adsense? Belum tau juga, sih. Belum mau ke arah sana soalnya.

Reply

Post a Comment

munggah