Cerita Guru Sekolah Alam (Teacher Vlog - TVLOG Series) SEASON 3


Season 3! Di sini saya mulai mengubah cara bercerita saya. Yang di season 1 kental dengan suara narasi (suara saya direkam terpisah dengan videonya). Di season 2, saya coba tanpa narasi, tapi pake tulisan/caption. Yang baru saya sadari, penggunaan tulisan sebagai pembawa cerita adalah kekurangan. Karena menghilangkan ciri khas atau jati diri saya di video yang biasa saya buat.

Di season ini, saya banyak bereksperimen. Ada yang pake narasi, ada yang pake tulisan, ada interview, ada rekaman asli yang sudah jadi duluan ceritanya tanpa perlu "Pembawa acara" berupa narasi/tulisan.


Jadi langsung saja, ini adalah SEASON 3


SEASON  3 | Tahun Ajaran 2017/2018

Total: 11 episode




TVLOG 26 - Semangat Baru di Awal Semester

TVLOG 26 (8 Agustus 2017) bercerita tentang rangkaian pembelajaran dan kegiatan pada awal tahun ajaran baru 2017/2018.


TVLOG 27 - Belajar Bahasa Inggris Dengan Akting & Observasi
TVLOG 27 (12 Agustus 2017) bercerita tentang 2 kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Pertama, belajar emotions/feelings dengan berakting. Kedua, menghitung tables di tiap ruangan sekolah.


TVLOG 28 - Camping 100 Poin di Gunung Bunder
TVLOG 28 (20 Agustus 2017) bercerita tentang salah satu konsep pada Teacher Camp 2017. Konsepnya berhubungan dengan 100 poin yang dimiliki oleh tiap kelompok, dimana poin itu bisa digunakan untuk membeli bahan makanan selama camping di Gunung Bunder.



TVLOG 29 - Menggali Cerita Lewat Wawancara
Teacher Video Blog 29 (8 September 2017) bercerita tentang pembelajaran komputer dengan tugas membuat liputan. Di kegiatan ini anak-anak SD 6 juga belajar tentang wawancara dan belajar merekam & mengedit video


TVLOG 30 - Beberapa Cara Belajar Bahasa Inggris (Part 1)
Teacher Video Blog 30 (16 Oktober 2017) bercerita tentang metode pembelajaran bahasa Inggris yang pernah saya gunakan di sekolah alam.

TVLOG 31 - FLASHBACK: Kilas Balik Perjalanan di 2017
Teacher Video Blog 31 (14 Desember 2017) bercerita tentang flashback (kilas balik) saya di 2017. Hal-hal yang sudah saya lakukan, serta kenangan yang ingin saya ingat selamanya. Video ini saya buat sebagai tutup tahun 2017 dan kado untuk saya sendiri (hehe, ada-ada aja emang) yang akhirnya memasuki umur 25. Dengan memori sebanyak ini, saya harap tahun depan (2018) jauh lebih menarik lagi *amin*


TVLOG 32 - Beberapa Cara Belajar Bahasa Inggris (Part 2)
Teacher Video Blog 32 (29 Desember 2017) bercerita tentang alternatif lain untuk belajar bahasa Inggris, yaitu lewat film, musik, dan buku.

TVLOG 33 - Kesan Selama di Sekolah Alam

Teacher Video Blog 33 (19 Januari 2018) bercerita tentang wawancara singkat seputar pengalaman paling berkesan selama di sekolah alam. Di penghujung video ada bonus berupa adegan yang saya ambil bersama SD-6. Adegan-adegan tersebut adalah contoh adegan yang bisa diaplikasikan di tugas video film pendek SD 6.


TVLOG 34 - Pertama Kali Menjadi Wedding Photographer
Teacher Video Blog 34 (17 Februari 2018) bercerita tentang pengalaman pertama saya sebagai wedding photographer/videographer. Terima kasih Bu Eca karena sudah mempercayai mengabadikan momen di pernikahannya.



TVLOG 35 - Belajar Sambil Bermain (Fun Learning)


TVLOG 35 (22 Februari 2018) bercerita tentang kegelisahan sewaktu saya masih sekolah. Dulu kegiatan pembelajarannya hanya mencatat, mengerjakan soal, dan merangkum. Setiap hari itu terus-menerus. Di video ini, saya membahas tentang itu dan tentunya tentang belajar sambil bermain. Kegiatan pembelajaran yang tidak hanya penuh dengan ilmu, tapi juga menyenangkan.





TVLOG 36 - Makna Hari Kartini

TVLOG 36 (30 April 2018) bercerita tentang peringatan Hari Kartini. Pada peringatan tersebut, di sekolah mengadakan berbagai acara seperti fashion show baju daerah untuk kelas kecil dan kelas besar menggunakan baju batik. Tidak cuma itu, ada guest teacher juga yang mengisi workshop.

Saya kembali menginterview teman-teman kelas 6, dan mencoba menanyai tentang Kartini dan apa perjuangannya. Sekalian bisa belajar sejarah, bisa juga sebagai pengingat tentang jasa kartini dan apa makna hari kartini bagi perempuan Indonesia.





Teacher Vlog - TVLOG Series 


- short description about the writer -

Guru Bahasa Inggris & Komputer | Movienthusiast
Follow my blog: aldypradana.com




Kumpulan postingan, label, dan kategori bisa dilihat di sini

Post a Comment

munggah