Cara Saya Mempertahankan Prinsip Tidak Merokok

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya tidak merokok. Saya masih ingat, salah satu nasehat dari ibu saya (almarhumah), yaitu jangan merokok. Karena sekali merokok, susah berhentinya. Mungkin kalimatnya tidak sama persis. Tapi, intinya adalah tidak merokok.


Saya bawa kalimat itu dari SD, SMP, SMA, kuliah, kerja, dan sampai sekarang. Saya masih menganggap bahwa “tidak merokok” sebagai suatu prinsip kehidupan, yang harus saya pegang terus seumur hidup.


Memperjuangkannya jelas tidak mudah. Karena hampir semua teman saya, sekarang pada merokok. Tidak salah, karena semua orang berhak atas kebebasan dirinya. Tinggal kitanya saja, per individunya, mau tetap mengikuti teman kita merokok atau tidak.


Cara Saya Mempertahankan Prinsip Tidak Merokok


Saya punya kebiasaan untuk menghindari asap rokok. Saya tidak ingin beradaptasi dengan asap rokok. Sama sekali tidak mau. Jadi, saya ingin mempertahankan diri saya agar tidak terbiasa dengan asap rokok.


Saya ingin terus merasa aneh dengan bau asap rokok. Saya ingin terus merasa tidak nyaman dengan asap rokok. Saya ingin ketika ada asap rokok, saya menghindarinya.


Saya perjelas, asap rokok, ya. 


Contohnya begini. Saat ada orang merokok, saya bisa rasakan arah anginnya kemana. Bisa dilihat asap rokoknya kemana. Dari sana, saya bisa berdiri, saya duduk di tempat yang tidak terkena asap rokoknya.


Orang mau merokok silakan, yang saya hindari asap rokoknya.


Sampai sekarang, saya terus menghindari asap rokok. Terus berada di kawasan tidak merokok. Dengan tidak terbiasa dengan asap rokok, saya bisa mempertahankan diri untuk tidak merokok. Bagaimana mau merokok, kalau asap rokok saya tidak kuat.


Itu maksudnya.


Itu saja dari saya. Ini sekadar opini dari prinsip yang saya pegang. Semoga opini saya bisa dimengerti. Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan saya: Arsenio Store ID.


Tempat menjual apparel, seperti Hoodie, Sweater, Celana simple dan minimalis yang siap dipakai untuk traveling dan nongkrong bareng temen.


Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Versi podcast: https://open.spotify.com/episode/4lflzwXvO5bHzjgO0l0eNU?si=0sKVi6bCRq2b4P9MmUePGg



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture



Posting Komentar

munggah