Eksplorasi Si Kecil

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini, saya akan bercerita tentang apa saja yang saya dan istri lakukan untuk mendukung Arsya bereksplorasi.

Postingan ini adalah versi tertulis dari Video Podcast berikut: https://open.spotify.com/episode/4BuUZgzdwB15by3mEM9NbC?si=ljJHeta0QTOqjNSWbXb6Ew


Eksplorasi.

Apa itu eksplorasi?

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada tiga definisi dari eksplorasi. Saya akan ambil salah satunya saja. Di sana tertulis, eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman baru dari situasi baru.

Anak saya sudah memasuki usia 14 bulan. Yang ia butuhkan adalah banyak-banyak eksplorasi.

Sekarang, fasenya adalah sering meminta keluar rumah. Paling mudah, paling dekat dengan rumah, dan paling aman dari kendaraan, ya, berjalan di taman. Eksplorasinya di taman, berkeliling dari ujung ke ujung, melihat dan mengambil batu juga daun, dan tentunya, belajar mencoba apa yang ada di sana.

Ketika berjalan di taman terasa membosankan, kamu pun pergi ke tempat lain, sekalian memperkenalkan nama-nama hewan. Kami pergi ke Kebun Binatang Surabaya.

Dengan tiket 15 per orang, kami ke sana tepat hari Minggu. Hari di mana sangat ramai sekali kebun binatangnya. Kami mengelilingi dan memperkenalkan hewan secara langsung kepada Arsya. Kadang ia perlu digendong karena tidak terlihat dari strollernya, kadang ia bisa melihat secara dekat, seperti saat di kandang rusa.


Eksplorasi tidak harus pergi sejauh ini sebenarnya. Karena eksplorasi bisa dengan melakukan yang berbeda, di dalam ataupun di luar rumah.


Link YouTube: https://youtu.be/oqhZ29cmDfo


Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Kalau kamu suka tulisan ini, kamu bisa follow akun KaryaKarsa saya di sini. Dan kamu bisa mengapresiasi kreator, dengan cara memberikan tip di KaryaKarsa. Have a nice day 🙂

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Berusia 14 Bulan (Three Chapters of 425 Days)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Pada kesempatan kali ini, saya mau bercerita tentang pertumbuhan anak saya selama 14 bulan terakhir (425 hari).

Chapter 1: Menemani Jalan Kaki

Chapter 2: Belajar Duduk & Merangkak

Chapter 3: Menaiki Tangga Ke Lantai Dua

Video Podcast (Spotify): https://open.spotify.com/episode/4UK5UEJFpZs8uyXW5yKqWz?si=lYtOu4zISzOduW9_0k26JA

YouTube: https://youtu.be/IBOBIjbxrpc


Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Kalau kamu suka tulisan ini, kamu bisa follow akun KaryaKarsa saya di sini. Dan kamu bisa mengapresiasi kreator, dengan cara memberikan tip di KaryaKarsa. Have a nice day 🙂

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

3 Film Terbaik 2022 (+ Rekomendasi Film dan Serial TV)



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Akhirnya, kembali ke penghujung tahun di mana saya rutin menulis blog tahunan tentang rekapan semua film dan series yang saya tonton dalam satu tahun. Di 2022, sama seperti tahun sebelumnya, film dan series yang saya tonton masih berkurang. Ada faktor pandemi, dan juga ada faktor keluarga yang harus diurus, hehe.

Postingan ini ditulis dengan banyak sekali film yang belum saya tonton (yang akan saya tambahkan terus ke postingan ini). Jadi, mohon maaf kalau daftar film terkenal atau mungkin favorit kamu, tidak masuk ke dalam tulisan ini. Tenang, saya akan mengejarnya di awal tahun 2023. 

Versi Film terbaik di tahun sebelumnya (2017201820192020, 2021bisa dilihat di sini.


Sebelum masuk ke 3 Film Terbaik 2023 versi saya, baiknya kita masuk ke kategori yang saya buat.


Best TV Series: Cobra Kai (Season 4) 

Honorable mentions: Big Mouth, One Dollar Lawyer

Best Cameo: Ryan Reynolds (Bullet Train)

Honorable mentions: Serena Williams (Glass Onion), Kill Bill? (The Big 4), Channing Tatum & Sandra Bullock (Bullet Train), Justice League (Peacemaker), Captain Marvel in Ms Marvel

Best Scene After Credit: Superman Meets Black Adam (yang sayangnya, tidak berujung apa-apa karena Henry Cavill tidak lagi menjadi Superman 😭)

Honorable mentions: Shadow Project (Sonic 2)


WTF Moment: Ending of Dr. Strange, Death of Illuminati, Everything in She-Hulk

Honorable mentions: Vigilante (Peacemaker), Fogging Scene (Penyalin Cahaya), Reva & Leia (Obi-Wan), Justice League (Peacemaker)

Favorite Character: The Batman

Honorable mentions: Red Panda, Sonic, Obi-Wan Kenobi, Captain Mitchell (Top Gun: Maverick), One Dollar Lawyer (Chun Ji-Hoon)

Awesome Villain: Wanda/Scarlett Witch

Honorable mentions: The Riddler, Eggman, Lord Vader, Kalajengking Asia Tenggara

Fight of The Year: Obi-Wan Kenobi vs Lord Vader

Honorable mentions: 

- LaRusso vs Johny Lawrence, Robby vs Eli (Cobra Kai)

- Batman vs Penguin [Car Chase Scene]

- Sonic vs Knucles, Sonic Tails Knuckles vs Eggman

- Fire vs Water (RRR)

- F-14 vs Fifth Gen (Top Gun: Maverick)

- Final Fight Scene (Big 4)

- Demon Slayer Fight Scenes

Best Moment: All of The Planes Scene (Top Gun: Maverick)

Honorable mentions: Peacemaker, Red Panda Meets Bigger Red Panda, Gold Super Sonic, Multiverse Power Michelle Yeoh, Episodes 6 of Obi-Wan Kenobi, 6/45 Lottery Pants Scene, Sunarto (Big 4), Gohan Becomes Beast



65: The Tender Bar, The King’s Man (2021), The Power of Dog, Fistful of Vengeance, The Pirates: The Last Royale Treasure, Ambulance, Baby Blues, She-Hulk, Decibel


70Hotel Transylvania: Transformania, West Side Story (2021), The Contractor, Seperti Dendam Rindu, Harus Dibayar Tuntas, Nussa (2021), Chip n Dale: Rescue Rangers, Uncharted.

The Lost City, The Northman, Ms. Marvel, Broker, Sea Beast, The Gray Man, Decision to Leave, Dragon Ball Super: Hero, DC League of Super-Pets, After Party, Guardians of The Galaxy (Holiday Special), Black Adam, Detective Conan: The Bride of Halloween, The First Responders, Bullet Train, Dr. Strange 2.

75Outrun by Running Man, Peacemaker S1, Demon Slayer Season 1, Demon Slayer: Mugen Train (2020), The Adam Project (Netflix), Out of The Dark (1995), Fast & Feel Love.

Minions: Rise of Gru, Pengabdi Setan: Communion, Big Mouth, The Hunt, Thor: Love and Thunder, 6/45, One Dollar Lawyer, Death on The Nile, RRR, Fantastic Beast: Secret of Dumbledore, Hustle, Glass Onion.


80: Cobra Kai (Season 4), Turning Red (Disney Plus), Sonic The Hedgehog 2, The Bad Guys, Obi-Wan, The Roundup, Exit (2019), Ngeri Ngeri Sedap, The Zone: Survival Mission, Perfect Strangers, The Big 4.



Baik. Itu semua film yang saya tonton di 2022. Meninggalkan 3 film terbaik menurut saya.


3. Top Gun: Maverick

Sebelum menonton ini, saya menonton dulu film pertamanya. Dan saya bilang, film pertamanya, biasa saja.

Tapi, saya tetap menonton film keduanya.

Yang ternyata bagus banget!

Keputusan Tom Cruise dan timnya untuk melakukan aksinya secara real adalah keputusan yang tepat. Terutama di zaman sekarang yang serba CGI, green screen, dan seterusnya.

Kita diajak untuk merasakan terbang seutuhnya. Merasakan setiap pergerakan pesawatnya. Memberikan salah satu pengalaman menonton film terbaik, yang bisa diberikan.

2. Everything Everywhere All At Once


Film ini buat saya adalah tentang kreativitas yang didorong sejauh mungkin. Tentang melakukan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, lalu mewujudkannya.

Multiverse yang sesungguhnya. Yang ceritanya dibuat sederhana, tapi jelas, tidak sesederhana itu. Kerumitannya, lapisan-lapisan cerita yang menumpuk menjadi satu, dan satu karakter yang dapat mempunyai banyak jalinan takdir.

Untuk para filmmaker atau kreator di luar sana, tonton film ini agar dapat melihat kreativitas yang sesungguhnya.




1. The Batman

Saya sebenarnya termasuk orang yang kecewa dengan berita bahwa Ben Affleck mundur untuk membuat film Batman. Kemudian, ada Robert Pattinson yang menggantikannya, mereboot kembali dengan Batman berada di tahun, dan Batman ini masuk ke Earth 2 (?) [beda dunia denga DCEU].

Namun, kekecewaannya itu berubah, setelah saya menonton filmnya.

Batman ini jauh lebih Batman dengan Trilogi The Dark Knight Nolan. Saya lebih suka ini dibanding versi Tim Burton. Dan memang, jelas jauh lebih baik dibanding Batman Ben Affleck.

Memang, Batman ini sedikit berkurang aksinya, tapi sang sutradara ingin mengembalikan Batman sebagai detektif. Bukan sekadar detektif, melainkan detektif terbaik dunia. 

Tidak berhenti di situ, Bruce Wayne belum menemukan persona playboy dan orang kaya yang eksentrik. Bruce Wayne masih fokus hanya menjadi Batman. Bisa dibilang, The Batman adalah the origin story of Bruce Wayne.


Tidak perlu panjang lebar menjelaskan siapa itu Catwoman, Penguin, Falcone, dll adalah keputusan tepat. Semua dijelaskan secara singkat dan tepat. Menjelaskan satu-satu karakternya jelas akan menurunkan tempo filmnya, dan sutradara sadar akan hal itu.

Dengan berdiri sendiri tanpa harus memikirkan cameo superhero lain dan jalinan universe di DCEU, membuat The Batman dapat berdiri sendiri, mengeksplorasi dunia Gotham yang memang sudah sangat tebal dan berisi.

Satu film The Batman, mengalahkan semua film superhero di 2022. Dan bagi saya, ini juga menjadi film terbaik di tahun 2022.

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.



Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Kalau kamu suka tulisan ini, kamu bisa follow akun KaryaKarsa saya di sini. Dan kamu bisa mengapresiasi kreator, dengan cara memberikan tip di KaryaKarsa. Have a nice day 🙂


- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture




Rumah Untuk Tumbuh Dewasa 🏠 (Part 3: Home)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Menata barang di rumah baru adalah tentang penyesuaian antara benda yang kita punya dan ruangan yang tersedia.

Akan ada benda yang letaknya sama persis dengan rumah lama, ada juga yang mengalami sedikit perubahan, dan ada pula yang tersingkir di gudang belakang.




Setelah selesai menata barang, akhirnya kami resmi tinggal di rumah baru. Sekarang, yang kami butuhkan adalah waktu untuk menyesuaikan dan membiasakan.

Menyesuaikan dengan isi rumah dan lingkungan sekitar perumahan. Membiasakan dengan kondisi sekarang, tanpa harus membandingkan.

Semoga rumah ini dapat mengabulkan tujuan utama kami, yaitu memenuhi kebutuhan keluarga dan ruang untuk tumbuh dewasa anak kami.

Part 1https://youtu.be/YCBnvxf0q3o

Part 2: https://youtu.be/9B7j2h7Zk7M

Part 3https://youtu.be/J8a0o2nQlvk


(Video berikut selesai dibuat pada 16 Oktober 2022): https://youtu.be/J8a0o2nQlvk


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Instagram:  @arsenio.store.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/arseniostoreid  


- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Urusan Rumah Tangga dan Olahraga di Usia 30

Dreamstime.com

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setahun berada di dalam dunia rumah tangga, menyadarkan saya bahwa mengurus rumah dan seisinya butuh banyak (sekali) waktu dan tenaga.

Saya sampai beranggapan:

“24 jam dalam sehari terasa kurang untuk mengurusi rumah tangga.”

Urusan rumah tangga mencakup banyak hal: menyapu isi rumah & luar rumah, mengepel, belanja, memasak, cuci piring, cuci baju, buang sampah, dan seterusnya.

Apalagi ditambah mengurus bayi. Pakaian bayi, pampers, sabun bayi, sampo bayi, lotion bayi, imunisasi, growth spurt, MPASI, tumbuh gigi, dan masih banyak lagi.

Semua urusan rumah tangga itu menumpuk setiap hari. Tak heran, kita wajib menghormati orang tua. Karena tanggung jawabnya, sungguh tak disangka.

Tentu saja, setiap masalah pasti ada solusinya.

Dan, berikut adalah solusi yang saya dapatkan dan lakukan:

“Pengelolaan waktu jadi kunci utamanya.”

Jadwal jelas untuk menyapu dan mengepel, kapan untuk belanja dan memasak, serta kapan untuk melakukan tugas-tugas lain. Itu semua harus terjadwal rapi dalam sehari.

Tidak perlu akurat per detik juga menitnya, yang penting jadwalnya jelas: bayi mandi sekitar 06.00 dan 16.00, bayi makan sekitar 07.00, 12.00 (snack), 16.00, dan 19.00.

Begitu juga jadwal untuk cuci piring (pagi setelah memasak + setelah makan malam) dan cuci baju (sebelum dan sesudah subuh).

Waktu kegiatan harus jelas.

Namun, itu pun masih belum mencakup beberapa hal.

Seperti waktu untuk istirahat, kadang masih berantakan. Waktu untuk santai, kadang masih terlewatkan. Apalagi waktu untuk olahraga, seperti mulai terabaikan.

Pernah, saya mencoba olahraga di malam hari (sekitar pukul 21.00). Ketika semua urusan sudah selesai dan keluarga sudah tertidur, saya melakuan 7 Minutes Workout.



Hasilnya, badan lebih terasa enteng. Badan yang kaku, mulai fleksibel mendekati fisik kala remaja. 

Masalahnya, saya harus melakukan itu saat semuanya selesai. Mungkin, jam 9 malam sudah rampung semua. Tapi, kadang bisa menyentuh jam 10, baru terselesaikan.

Tentu saja, saya tidak akan olahraga di jam 10.

Seperti orang normal pada umumnya, saya pasti lebih memilih untuk tidur.

Akhirnya, saya pasrahkan olahraga kepada kegiatan sehari-hari yang menuntut otot fisik.

Mengangkat galon adalah harapan saya untuk tetap melatih otot bisep dan trisep. Bisa lah sedikit melatih otot perut, tapi tidak sampai six pack juga, sih.

Menggendong bayi juga bisa. Bayi akan bertambah berat setiap bulannya. Badannya yang keliatan kecil dan mungil, lama-lama juga butuh tenaga lebih untuk mengangkatnya.

Bayi 8 kg sudah lumayan berat ketika harus menggendongnya dari tempat A ke tempat B. Bisa menggendong semenit tanpa melorot ke bawah, bagaikan suatu prestasi yang membanggakan.

Bayangkan, menggendong bayi, lalu berjalan ke warung untuk belanja. Otot tangan dan otot kaki, terbentuk seketika.

Jelas, ini adalah opini pribadi. Belum terbukti secara ilmiah, bahwa hal-hal di atas adalah olahraga.

Hanya saja, saya ingin melakukan dua tugas sekaligus: mengurus rumah tangga dan olahraga.

Karena memang begitu kala menjadi orang tua, harus bisa melakukan banyak dalam sekali jalan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Kalau kamu suka tulisan ini, kamu bisa follow akun KaryaKarsa saya di sini. Dan kamu bisa mengapresiasi kreator, dengan cara memberikan tip di KaryaKarsa. Have a nice day 🙂


- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture





Rumah Untuk Tumbuh Dewasa 🏠 (Part 2: Starting From Beginning)

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Seperti biasa, pindahan selalu dimulai dengan packing. Membereskan dan merapikan barang yang akan dibawa. Ini lumayan menjadi PR, apalagi setelah barang-barang bayi semakin bertambah banyak.



Packing selesai, berarti waktunya memindahkan barang ke rumah yang dituju. Kemungkinan besar, ini tidak akan selesai dalam sekali jalan.





Sesudah semua barang selesai dipindahkan, tugas selanjutnya adalah menata barang di rumah baru. Ini seperti memulai lagi dari awal, menaruh barang satu per satu, meletakkannya sesuai dengan ruangan yang tersedia, menyesuaikannya dengan kebutuhan keluarga dan ruang untuk tumbuh dewasa anak kami.

Part 1https://youtu.be/YCBnvxf0q3o

Part 2: https://youtu.be/9B7j2h7Zk7M

Part 3https://youtu.be/J8a0o2nQlvk


(Video berikut selesai dibuat pada 30 Juni 2022): https://youtu.be/9B7j2h7Zk7M


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Instagram:  @arsenio.store.id

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/arseniostoreid  


- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

munggah