Cerita Guru Sekolah Alam (Teacher Vlog - TVLOG Series) SEASON 4


Sampai juga ke SEASON 4! Season ini bisa dibilang turun naik, bukan naik turun ya. Lemah di awal, tapi semakin lama semakin bertambah kualitasnya.

Awal season, video saya hampir sama dengan video Sekolah Alam Bambu Item. Saya juga admin youtube dari SABIT. Tapi, seharusnya cerita saya dan cerita SABIT berbeda, agar punya suguhan dengan sudut pandang masing-masing.

Saya mengakui cukup mentok mau bikin apa. Kemudian, saya berpikir ekstra keras untuk mulai membahas berbeda dan semakin bereksperimen lagi. Dan cukup berhasil.  

(Season 4 ini juga saya punya playlist lain, yaitu 3 Minutes Review. btw)

Saya ngomong langsung di depan kamera dan menghilangkan music backsound, benar-benar melakukan hal yang berbeda di beberapa episode terakhir.

Ini dia SEASON 4

SEASON  4 | Tahun Ajaran 2018/2019

Total: 20 episode


TVLOG 37 - Ketemu Bule

TVLOG 37 (20 Juli 2018) bercerita tentang sekolah alam bambu item kedatangan tamu dari yayasan tamu baca dan beberapa mahasiswa dari Amerika (Will, Kasey, Brent dan Isaac) yang sedang liburan.

Selaku fasilitator SABIT, saya dan guru lainnya berbagi tentang apa itu sekolah alam, pembelajaran belajar bersama alam, wall climbing, dan berkebun.



TVLOG 38 - Wawancara Bahasa Inggris


TVLOG 38 bercerita tentang wawancara bahasa inggris di kelas 5 dan 3. Kelas 5 bertanya mengenai pekerjaan ayah, dan kelas 3 bertanya tentang umur. 

Wawancara termasuk salah satu metode saya agar anak terbiasa bertanya, menjawab, dan mendengar jawaban dengan bahasa Inggris. Video ini termasuk uji coba pertama saya di IGTV (vertical video), yang mungkin bisa jadi tantangan tersendiri buat saya. 


TVLOG 39 - Panitia Kurban

TVLOG 39 bercerita tentang murid-murid kelas 4, 5, 6 yang menjadi panitia kurban di sekolah. Pada video ini juga, saya mewawancarai beberapa murid, tentang apa tugas mereka saat menjadi panitia kurban. Saya juga bertanya kepada beberapa guru tentang apa saja tugas murid-murid sebagai panitia kurban.



TVLOG 40 - Asian Games 2018


TVLOG 40 bercerita tentang dampak Asian Games 2018 untuk Indonesia. Video kali ini juga bercerita tentang outing SD ke POPKI Cibubur untuk melihat dan mendukung Indonesia pada pertandingan Handball melawan Hongkong.


TVLOG - Taman Safari Trip


TVLOG 41 bercerita tentang acara rihlah guru Sekolah Alam Bambu Item ke Taman Safari Bogor. Saya bersama Sheva dan Alif menceritakan kembali pengalaman selama di sana.


TVLOG - Tips Packing Sebelum Camping


TVLOG 42 bercerita tentang bagaimana cara packing yang benar untuk keperluan camping. Tips ini saya dapatkan ketika saya mengikuti Teacher Camp selama mengajar di Sekolah Alam Bambu Item.



TVLOG - Membuat Film Horror/Thriller


TVLOG 43 bercerita tentang proses pembuatan film pendek SD-6 (Tahun Ajaran 2018/2019). Untuk kali ini, kelas 6 dibagi menjadi 3 kelompok. Dari 3 kelompok tersebut, 2 kelompok membuat film bergenre horror. Atau, saya sendiri menyebutnya Horror-Thriller.

Dikarenakan guru pembimbingnya (maksudnya, saya sendiri) lebih paham soal film Thriller daripada film Horror. Kemungkinan besar, arahnya jauh lebih deg-degan seperti film Thriller, daripada seram seperti film Horror diluar sana.


TVLOG - Shooting Ulang


TVLOG 44 bercerita tentang shooting ulang yang dilakukan oleh Akhwat Team untuk menyempurnakan film pendek mereka. Kebanyakan video behind the scene diambil oleh Dika, murid SD 6. Dia katanya ingin belajar DSLR, saya berikan kesempatan untuk mencoba dengan merekam proses shooting ulang ini.



TVLOG - Terinspirasi We Will Rock You


TVLOG 45 bercerita tentang lagu We Will Rock You (Queen) menjadi inspirasi saya untuk membuat video iklan untuk Sekolah Alam Bambu Item. Di sini juga ada selipan pembuatan rapot dan perayaan hari Ibu di SABIT.

Untuk video iklan berjudul "Sekolah Alam Itu ...." itu sendiri, saya mengakui masih ada beberapa kesalahan teknis. Seperti di warnanya, yang entah kenapa warnanya memudar. Sepertinya butuh software yang lebih mutakhir, karena Movie Maker bawaan dari Windows ini sudah mulai tidak mumpuni. 

"Sekolah Alam Itu ...." dibantu oleh Reyner, Dika, Radit, dan Azka.



TVLOG - Review Lensa 50mm f/1.8 STM


TVLOG 46 bercerita tentang review lensa yang baru saya beli, yaitu Lensa Canon 50mm f/1.8. Di sini, saya menunjukkan hasil foto dan video menggunakan lensa tersebut dengan kamera Canon 1200D.


TVLOG - Kata Perpisahan Untuk Bu Fanny


TVLOG 47 merupakan video perpisahan untuk guru kelas 5 (2017/2018) yaitu Bu Fanny. 


TVLOG - Outing ke Monas (UNEDITED)

TVLOG 48 bercerita tentang Outing Bersama yang saya lalui bersama dengan kelas 1 (2018/2019). Outing ini dilakukan dari TK-SD 6, dengan tujuan yang berbeda-beda. Kelas 1 outing ke Monas karena tema kelasnya adalah Jakarta.

Dari segi pengeditan, video ini lebih sedikit pengeditannya. Tidak ada lagu, tidak ada transitions/animations (kecuali saat awal dan akhir video), tetapi tetap akan urut secara cerita. Saya sedang mencoba beda dan lebih minimalis, yaitu memberikan video yang lebih "real" dan "simple".



TVLOG - Yang Akan Dikerjakan di Awal Tahun 2019

TVLOG 49 bercerita tentang rencana yang ingin saya laksanakan di awal 2019. 

Saya ingin membuat beberapa video spesial:
Video perpisahan kelas 6 2018/2019
Film Pendek Pemberani Sekolah Alam Bambu Item
Music Video kelas 3

Untuk sekarang, baru video perpisahan yang sudah jalan proses shootingnya, tinggal pengeditan dan pengumpulan foto-foto lama. Semoga semuanya berjalan lancar dan hasilnya bagus. Amin.

Btw, video ini juga sekalian untuk latihan Dika. Sekarang mengajarkan tentang bagaimana penggunaan tripod. Bisa dibilang video ini dibuat agar ada lagi video latihan untuk Dika.



TVLOG - Behind The Photoshoot SD 6 (Buku Perpisahan 2018/2019)


Di TVLOG 50, saya dan Dika berbicara tentang dibalik photoshoot SD 6 untuk buku perpisahan 2018/2019. Ini adalah episode spesial, makanya saya mengajak Dika, yang katanya mengikuti seri #TeacherVlog 


PEMBERANI (a short film about never giving up)


TVLOG 51 adalah edisi spesial, dimana saya membuat sebuah film pendek untuk iklan Sekolah Alam Bambu Item. Berjudul PEMBERANI, film pendek ini bercerita tentang kita harus berani menyelesaikan suatu tantangan, dengan terus bekerja keras dan pantang menyerah.

Saya bersama Nayif dan Reyner (SD 6 - 2018/2019), shooting ini sekitar 45 menit (sesi pertama) dan 1 jam (sesi kedua). Menggunakan jam pelajaran saya, di saat siswa SD 6 yang lain mengerjakan  soal, kami shooting dengan waktu yang seefektif mungkin.



TANGGUH (a short film about never giving up)


TANGGUH merupakan versi kelanjutkan dari PEMBERANI. Sebenarnya, mau dijadikan satu film saja, tapi karena ingin durasinya singkat, akhirnya dipisah jadi dua film pendek.


Saya bersama Radit dan Azka (SD 6 - 2018/2019), shooting ini lebih singkat lagi waktunya. Untuk Azka, saya hanya punya waktu tidak sampai 30 menit. Yang sulit adalah saat tembakan panahan harus mengarah ke tengah sasaran. Tembakan Azka sudah cukup bagus, tapi buat saya masih kurang tengah, hehe. Jadi, dibantu Coach panahannya agar sesuai dengan keingingan saya.

Sedangkan untuk Radit, dia harus 4 kali menaiki wall climbing agar punya footage yang banyak dan menarik. Tapi ternyata, ada beberapa adegan yang tidak bisa masuk karena Radit, tidak memakai helm saat shooting. Jadi, footagenya lebih sedikit.



Cara Agar Channel Youtube Bisa Berkembang


TVLOG 53 bercerita tentang rencana saya agar channel youtube yang saya pegang (Sekolah Alam Bambu Item - SABIT) bisa berkembang.


Vlog Random! Tingkah Lucu Siswa Sekolah Alam


TVLOG 54 bercerita tentang kumpulan video-video yang tidak terpakai, tapi sayang untuk dibuat. Video-video diambil setelah UKK (remidial) dan Ramadan Camp 2019.



Latihan Perkusi Lagu Hebatnya Persahabatan

(OST Adit & Sopo Jarwo - Armand Maulana) 


TVLOG 55 bercerita tentang latihan perkusi untuk lagu baru berjudul Hebatnya Persahabatan. Lagu ini adalah soundtrack dari Adit & Sopo Jarwo yang dinyanyikan Armand Maulana. 

Penampilan perkusi kali ini spesial karena dihadiri oleh Kak Seto, Bapak Effendy (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2019), dan MPIC Animation.


HIDE & SEEK (a traditional game movie)

TVLOG 56 adalah film pendek bercerita tentang serunya permainan tradisional bernama PETAK UMPET (HIDE & SEEK). 


Ini adalah episode terakhir dari season 4 (2018/2019). Season 5 akan dimulai pada tahun ajaran baru 2019/2020.


Teacher Vlog - TVLOG Series 
SEASON 1: shorturl.at/jmsCU
SEASON 2: shorturl.at/abiDG
SEASON 3: shorturl.at/ctGX4
SEASON 4: shorturl.at/djBJW
SEASON 5: shorturl.at/lsJ09




Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan online saya, Arsenio Store ID. Tempat menjual Apparel seperti Sweater, Hoodie, dan Celana yang simple dan minimalis. Cocok untuk traveling dan nongkrong. 

Untuk melihat produknya, bisa kunjungi Instagramnya, di @arsenio.store.id, dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store.

Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store




Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Kalau kamu suka tulisan ini, kamu bisa follow akun KaryaKarsa saya di sini. Dan kamu bisa mengapresiasi kreator, dengan cara memberikan tip di KaryaKarsa. Have a nice day 🙂



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Cerita Guru Sekolah Alam (Teacher Vlog - TVLOG Series) SEASON 3


Season 3! Di sini saya mulai mengubah cara bercerita saya. Yang di season 1 kental dengan suara narasi (suara saya direkam terpisah dengan videonya). Di season 2, saya coba tanpa narasi, tapi pake tulisan/caption. Yang baru saya sadari, penggunaan tulisan sebagai pembawa cerita adalah kekurangan. Karena menghilangkan ciri khas atau jati diri saya di video yang biasa saya buat.

Di season ini, saya banyak bereksperimen. Ada yang pake narasi, ada yang pake tulisan, ada interview, ada rekaman asli yang sudah jadi duluan ceritanya tanpa perlu "Pembawa acara" berupa narasi/tulisan.


Jadi langsung saja, ini adalah SEASON 3


SEASON  3 | Tahun Ajaran 2017/2018

Total: 11 episode




TVLOG 26 - Semangat Baru di Awal Semester

TVLOG 26 (8 Agustus 2017) bercerita tentang rangkaian pembelajaran dan kegiatan pada awal tahun ajaran baru 2017/2018.


TVLOG 27 - Belajar Bahasa Inggris Dengan Akting & Observasi
TVLOG 27 (12 Agustus 2017) bercerita tentang 2 kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Pertama, belajar emotions/feelings dengan berakting. Kedua, menghitung tables di tiap ruangan sekolah.


TVLOG 28 - Camping 100 Poin di Gunung Bunder
TVLOG 28 (20 Agustus 2017) bercerita tentang salah satu konsep pada Teacher Camp 2017. Konsepnya berhubungan dengan 100 poin yang dimiliki oleh tiap kelompok, dimana poin itu bisa digunakan untuk membeli bahan makanan selama camping di Gunung Bunder.



TVLOG 29 - Menggali Cerita Lewat Wawancara
Teacher Video Blog 29 (8 September 2017) bercerita tentang pembelajaran komputer dengan tugas membuat liputan. Di kegiatan ini anak-anak SD 6 juga belajar tentang wawancara dan belajar merekam & mengedit video


TVLOG 30 - Beberapa Cara Belajar Bahasa Inggris (Part 1)
Teacher Video Blog 30 (16 Oktober 2017) bercerita tentang metode pembelajaran bahasa Inggris yang pernah saya gunakan di sekolah alam.

TVLOG 31 - FLASHBACK: Kilas Balik Perjalanan di 2017
Teacher Video Blog 31 (14 Desember 2017) bercerita tentang flashback (kilas balik) saya di 2017. Hal-hal yang sudah saya lakukan, serta kenangan yang ingin saya ingat selamanya. Video ini saya buat sebagai tutup tahun 2017 dan kado untuk saya sendiri (hehe, ada-ada aja emang) yang akhirnya memasuki umur 25. Dengan memori sebanyak ini, saya harap tahun depan (2018) jauh lebih menarik lagi *amin*


TVLOG 32 - Beberapa Cara Belajar Bahasa Inggris (Part 2)
Teacher Video Blog 32 (29 Desember 2017) bercerita tentang alternatif lain untuk belajar bahasa Inggris, yaitu lewat film, musik, dan buku.

TVLOG 33 - Kesan Selama di Sekolah Alam

Teacher Video Blog 33 (19 Januari 2018) bercerita tentang wawancara singkat seputar pengalaman paling berkesan selama di sekolah alam. Di penghujung video ada bonus berupa adegan yang saya ambil bersama SD-6. Adegan-adegan tersebut adalah contoh adegan yang bisa diaplikasikan di tugas video film pendek SD 6.


TVLOG 34 - Pertama Kali Menjadi Wedding Photographer
Teacher Video Blog 34 (17 Februari 2018) bercerita tentang pengalaman pertama saya sebagai wedding photographer/videographer. Terima kasih Bu Eca karena sudah mempercayai mengabadikan momen di pernikahannya.



TVLOG 35 - Belajar Sambil Bermain (Fun Learning)


TVLOG 35 (22 Februari 2018) bercerita tentang kegelisahan sewaktu saya masih sekolah. Dulu kegiatan pembelajarannya hanya mencatat, mengerjakan soal, dan merangkum. Setiap hari itu terus-menerus. Di video ini, saya membahas tentang itu dan tentunya tentang belajar sambil bermain. Kegiatan pembelajaran yang tidak hanya penuh dengan ilmu, tapi juga menyenangkan.





TVLOG 36 - Makna Hari Kartini

TVLOG 36 (30 April 2018) bercerita tentang peringatan Hari Kartini. Pada peringatan tersebut, di sekolah mengadakan berbagai acara seperti fashion show baju daerah untuk kelas kecil dan kelas besar menggunakan baju batik. Tidak cuma itu, ada guest teacher juga yang mengisi workshop.

Saya kembali menginterview teman-teman kelas 6, dan mencoba menanyai tentang Kartini dan apa perjuangannya. Sekalian bisa belajar sejarah, bisa juga sebagai pengingat tentang jasa kartini dan apa makna hari kartini bagi perempuan Indonesia.





Teacher Vlog - TVLOG Series 
SEASON 1: shorturl.at/jmsCU
SEASON 2: shorturl.at/abiDG
SEASON 3: shorturl.at/ctGX4
SEASON 4: shorturl.at/djBJW
SEASON 5: shorturl.at/lsJ09




Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan online saya, Arsenio Store ID. Tempat menjual Apparel seperti Sweater, Hoodie, dan Celana yang simple dan minimalis. Cocok untuk traveling dan nongkrong. 

Untuk melihat produknya, bisa kunjungi Instagramnya, di @arsenio.store.id, dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store.

Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Cerita Guru Sekolah Alam (Teacher Vlog - TVLOG Series) SEASON 2


Setelah bikin SEASON 1, sekarang saya bikin arsip dari SEASON 2. Season ini ternyata punya episode yang banyak banget, ada 19 episode! Saya inget, saya memang menargetkan setidaknya 1 bulan, bisa keluar 1 video.

Walaupun banyak, tapi jujur, season 2 ini yang rasanya paling lemah. Ada beberapa video/film yang bagus banget. Tapi ada juga yang kerasa, terlalu biasa. Tapi tak apalah. Namanya kayak serial TV. Nggak semua episode akan bagus semua.

Dan ini adalah SEASON 2

SEASON  2 | Tahun Ajaran 2016/2017
Total: 19 episode


TVLOG - Menyambut Tahun Ajaran Baru




TVLOG #7 (8 Agustus 2016) bercerita tentang menyambut tahun ajaran baru 2016/2017.

TVLOG - Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia


TVLOG #8 (19 Agustus 2016) bercerita tentang perayaan hari kemerdekaan Indonesia di sekolah.

TVLOG - Camping di Sekolah


TVLOG #9 (29 Agustus 2016) bercerita tentang kegiatan SD 1 camping di sekolah. 

TVLOG - Jelajah Alam




TVLOG #10 (17 September 2016) bercerita tentang salah satu kegiatan dari CBC, Jelajah Alam atau lebih dikenal dengan cross country. Narasi dibantu Bu Ifa.

TVLOG - Belajar Merekam & Mengedit Video (Part 1)



TVLOG #11 (22 Oktober 2016) bercerita tentang pembelajaran komputer yang saya berikan ke teman-teman SD 6. Saya memberikan tugas untuk meliput acara Pekan Literasi. Tujuannya agar bisa belajar merekam video, dan belajar mewawancarai pembicara di lokasi.

TVLOG - Belajar Merekam & Mengedit Video (Part 2)



TVLOG #12 (27 Oktober 2016) melanjutkan tentang lanjutan liputan teman-teman SD 6. Sekarang, mereka mengedit hasil rekaman mereka, dan menjahit adegan demi adegan agar menjadi video yang menarik dan informatif. 

TVLOG - Backpacker ke Museum Bank Indonesia & Kota Tua




TVLOG #13 (17 November 2016) bercerita tentang perjalanan outing kelas 6 (bacpacker) ke museum Bank Indonesia dan museum Sejarah Jakarta (Fatahillah). 

TVLOG - Outing ke Museum Satria Mandala & Monumen Pancasila




TVLOG #14 (21 November 2016) bercerita tentang outing kelas 1 dan cara mereka merayakan hari Pahlawan.

TVLOG - Guru dan Perannya Di Balik Acara Sekolah Alam




TVLOG #15 (5 Desember 2016) spesial untuk mengingat jasa-jasa guru, yang tidak hanya berjasa saat memberikan ilmu di kelas, tapi juga memberikan ide dan tenaga lebih saat acara sekolah.

TVLOG - Hari Ayah




TVLOG #16 (27 Desember 2016) bercerita tentang teman-teman dari Preschool (TK) merayakan Hari Ayah di sekolah.

TVLOG - Pulang ke Kampung Halaman



TVLOG #17 (5 Januari 2017) bercerita tentang pulang ke kampung halaman, dan pendapat saya tentang kenangan nostalgia yang teringat kembali.

TVLOG - Minggu Pertama Semester Dua



TVLOG #18 (15 Januari 2017) bercerita tentang kegiatan minggu pertama semester 2 setelah liburan (tentunya, yang berhasil saya rekam).

TVLOG - Maximum Effort



TVLOG #19 (26 Januari 2017) bercerita tentang kerja keras atau upaya yang maksimal dapat membuat kita menghadapi apapun tantangan yang menghadang.

TVLOG - Dampak Film Horror



TVLOG #20 (12 Februari 2017) bercerita tentang pendapat saya tentang dampak film horror.


Itu dia 20 episode yang sudah saya buat dalam satu tahun terakhir ini. Link youtube bisa dilihat di sini untuk melihat video selain TVLOG. Episode berikutnya akan segera menyusul. :) 


TVLOG - Behind The Scene Film Pendek SD 6



TVLOG #21 (2 Maret 2017) bercerita tentang behind the scene tugas/project yang saya berikan, yaitu membuat film pendek.



TVLOG - Tutorial Membuat Prakarya Dari Barang Bekas




TVLOG #22 (7 April 2017) bercerita tentang pelatihan guru yang membuat prakarya dari barang bekas.


TVLOG - Liburan di Pulau Seribu





TVLOG #23 (26 April 2017) bercerita tentang liburan guru di Kepulaun Seribu.



TVLOG - Cerita Ramadan Camp



TVLOG 24 (12 Juni 2017) bercerita tentang kegiatan Ramadan Camp 2017 di sekolah.


TVLOG - Acara Kelulusan




TVLOG 25 (20 Juni 2017) bercerita tentang acara kelulusan untuk TK dan SD-6 2017.



Teacher Vlog - TVLOG Series 


Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan online saya, Arsenio Store ID. Tempat menjual Apparel seperti Sweater, Hoodie, dan Celana yang simple dan minimalis. Cocok untuk traveling dan nongkrong. 

Untuk melihat produknya, bisa kunjungi Instagramnya, di @arsenio.store.id, dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store.

Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

Cerita Guru Sekolah Alam (Teacher Vlog - TVLOG Series) SEASON 1


Oke, jadi saya sudah membuat banyak video atau film dokumenter tentang saya dan sekolah alam. Dan ternyata sudah sanggaaatt baannyyaaak sekaaalii. Tidak disangka bisa sebanyak ini, dan tetap konsisten untuk bikin terus sampai mikir seharian semaleman, buat nyari ide ceritanya.

Karena sudah banyak, makanya saya mau mengarsipkan lagi lebih rapi. Terinspirasi serial TV dengan sistem SEASONnya. Jadi serial TV punya 1 season untuk 1 tahun. Tahun berikutnya, mereka menyebutnya dengan season 2, kelanjutn dari season 1, dan begitu seterusnya.

Saya mau coba bikin itu.

Dan ini adalah SEASON 1

SEASON  1 | Tahun Ajaran 2015/2016
Total: 6 episode


TVLOG - Ketika Guru NgeVlog 



TVLOG (16 Maret 2016) ini adalah video pertama saya. Jadi, mohon maaf kalo editannya masih jelek. I promise, it will be better in the next video. *cheers*

TVLOG - Kegiatan Sekolah, Pelatihan, & Rafting di Magelang



TVLOG #2 (8 April 2016) bercerita tentang 14 hari terakhir yang saya lalui. 

TVLOG - Manfaat Camping Sekolah


TVLOG #3 (20 April 2016) bercerita tentang manfaat camping sekolah bagi anak-anak.

TVLOG - Proses Menuju Peneliti Cilik


TVLOG #4 (11 Mei 2016) bercerita tentang proses peneliti cilik menuju acara Science Fair.

TVLOG - 3 Hari di Pesantren Darul Fallah


TVLOG #5 (3 Juni 2016) bercerita tentang acara Character Building Camp SD 5-6.

TVLOG - Acara Perpisahan Sekolah


TVLOG #6 (23 Juli 2016) bercerita tentang acara perpisahan untuk para lulusan sekolah (TK & SD-6).




Teacher Vlog - TVLOG Series 
SEASON 1: shorturl.at/jmsCU
SEASON 2: shorturl.at/abiDG
SEASON 3: shorturl.at/ctGX4
SEASON 4: shorturl.at/djBJW
SEASON 5: shorturl.at/lsJ09





Akan saya tutup dengan mempromosikan jualan online saya, Arsenio Store ID. Tempat menjual Apparel seperti Sweater, Hoodie, dan Celana yang simple dan minimalis. Cocok untuk traveling dan nongkrong. 

Untuk melihat produknya, bisa kunjungi Instagramnya, di @arsenio.store.id, dan Tokopedianya, Arsenio Apparel Store.

Instagram: @arsenio.store.id

Tokopedia: Arsenio Apparel Store


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



- short description about the writer-

I talk & write about movies and pop culture

munggah