Sejarah Sepatu Nike Air Jordan

Salah satu produk sepatu Nike yang terkenal adalah Nike Air Jordan.

Sepatu ini ternyata punya sejarah sendiri, yang berhubungan dengan Adidas. Saya ingin menuliskan cerita tersebut di sini. Dan berharap sejarah ini bisa menjadikan pelajaran untuk semua.

Mari kita mulai.

Di awal karir sebagai atlet basket, Michael Jordan selalu jatuh cinta dengan sepatu Adidas.

Dikutip dari ESPN, Jordan terpaksa menggunakan Converse saat memperkuat North Carolina. Itu disebabkan pelatih mereka, Dean Smith, memiliki kontrak dengan Converse.

Ketika dipilih Chicago Bulls pada draft NBA 1984, Jordan mendapat tawaran dari sejumlah perusahaan besar untuk bergabung. Seperti Adidas, Nike, Converse.

Jordan sudah menetapkan pilihan ke Adidas. Ia sudah menolak tawaran Converse. Merek tersebut sudah banyak pemain bintang di NBA, Julis Erving, Larry Bird, hingga Magic Johnson.

Sampai kuliah, saya menggunakan Converse. Padahal sepatu favorit saya adalah Adidas. Orang-orang berusaha merekrut saya, tapi saya tetap pro Adidas.” kata Jordan.

Nike kemudian melakukan pertemuan dengan Jordan bergabung. Namun, Nike tetap tidak menjadi pilihan utama Jordan.

Sayangnya, Adidas tidak mau melakukan usaha ekstra untuk mendapatkan tanda tangan Michael Jordan. Alasannya, Adidas adalah produk Eropa dan belum melihat NBA sebagai pasar penting. Adidas lebih memprioritaskan pemain dengan tubuh besar, seperti Karem Abdul Jabbar.

“Adidas merupakan produk Eropa dan tidak terlalu mendorong untuk masuk pasar Amerika. Hal itu sempurna untuk saya, karena keputusan saya menjadi lebih mudah. Sejak saat itu, hubungan saya dengan Nike terus berkembang.” ucap Jordan.

Nike mengontrak Jordan selama 5 tahun. 

Produk Air Jordan memberikan keuntungan Nike hingga 53,5 triliun rupiah per tahun.

“Sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi jika saya bergabung dengan Adidas. Yang pasti permainan saya di lapangan tidak akan berubah karena sepatu. Tapi mungkin, saya bisa membantu bagaimana sepatu itu dipasarkan. Apakah produk Air Jordan akan tetap kuat kalau itu merek Adidas? Kita tidak akan pernah tahu.” bilang Jordan.

Kini, produk Nike Air Jordan tidak hanya digunakan di olahraga basket, tapi sudah merambah ke bisbol, tenis, sepak bola, hingga fashion di kalangan remaja. 

Nike Air Jordan 1 x Dior

Link: https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200216154644-178-475108/air-jordan-blunder-terbesar-adidas



Blog ini akan selalu update (diusahakan) setiap hari. Berikut jadwal postingan sesuai tema yang paling sering keluar di blog ini:

Senin = GaryVee (Text Experience) translate English Indonesia, biasanya tentang bisnis, social media, dan kehidupan
Selasa = Musik Keren atau Movie
Rabu = Sebuah Observasi (opini/review)
Kamis = Tulisan Iseng
Jum’at = Interview
Sabtu = Cerpen
Minggu = Sneakers

Follow my blog: aldypradana.com

Instagram: @aldy_pradana17
FB Page: Aldy Pradana
SoundCloud: @aldypradana17
Youtube: Aldy Pradana 

https://www.tokopedia.com/arseniosneakers (tempat menjual sneakers murah)

Posting Komentar

munggah