Sejarah Brand Nike

Awalnya bernama Blue Ribbon Sports (BRS). Berstatus sebagai distributor sepatu Jepang, Onitsuka Tiger.

Didirikan oleh seorang atlet bernama Philip Knight dan pelatihnya, Bill Bowerman, pada Januari 1964.

Kelanggengan BRS bersama Onitsuka Tiger tidak berlangsung lama dan berpisah di tahun 1971. BRS mulai berdiri dengan membangun perusahaan sendiri, Nike.

Tahun 1972, BRS secara resmi memperkenalkan merek Nike. Nama ini memiliki filosofi dari nama dewi kemenangan dalam mitologi Yunani.

Begitu juga dengan logonya, Swoosh. Logo tanda centang benar ini seperti menggambarkan sayap dari dewi kemenangan tersebut.

Di awal tumbuhnya, Nike sukses memanfaatkan para atlet profesional sebagai duta produk mereka. Nike juga mengajak kerjasama beberapa atlet yang mereka anggap punya ciri khas hingga kontroversional.

Beberapa tahun berselang, Nike mulai terkenal. Khususnya, di negara bagian Amerika Serikat. 

Laju kencang Nike bukan tanpa bendungan. Pastinya ada pesaing yang siap menghadang. Salah satunya, Reebok. Dilihat dari penjualannya, Reebok punya sisi lebih (1979). Nike dan Reebok punya persaingan yang berlangsung ketat. 

Nike akhirnya punya strategi lain dengan menciptakan sepatu khusus untuk setiap cabang olahraga dan aktivitas.

Loncatan fenomenal Nike adalah saat menggaet Michael Jordan sebagai brand ambassador. Selain MJ, Nike juga berusaha menggaet atlet populer lain, seperti Larry Bird dan Magic Johnson.

(Pembahasan Nike Air Jordan akan ada di postingan ini)

Iklan Nike pertama kali mengudara di Oktober 1982. 

Di balik iklan tersebut, terdapat biro iklan Wieden dan Kennedy. Lewat kreasi mereka, lahir iklan-iklan di media cetak dan televisi.

Salah satu slogan terkenal Nike, “Just Do It”, adalah buatan Wieden. Slogan tersebut masuk ke dalam 5 slogan iklan pilihan di abad 20.

Memasuki era teknologi dan modernisasi, Nike turut menyambutnya dengan strategi jitu. Kala website diakses masyarakat di awal 2000-an, tapi Nike sudah memulai penjualan produknya lewat website resmi mereka.

Tahun 2020, Nike masih berada di puncak. Tidak hanya sepatu olahraga, Nike juga  jadi sepatu fashion di kalangan remaja. Kolaborasi banyak tercipta, dan salah satunya adalah sepatu Nike SB Dunk Doraemon. Inovasi berjalan terus. Itulah yang membuat Nike masih menjadi salah satu brand besar di dunia.


Link: https://highlight.id/sejarah-awal-mula-bisnis-nike-merek-fashion-sepatu-dari-masa-ke-masa/


Blog ini akan selalu update (diusahakan) setiap hari. Berikut jadwal postingan sesuai tema yang paling sering keluar di blog ini:

Senin = GaryVee (Text Experience) translate English Indonesia, biasanya tentang bisnis, social media, dan kehidupan
Selasa = Musik Keren atau Movie
Rabu = Sebuah Observasi (opini/review)
Kamis = Tulisan Iseng
Jum’at = Interview
Sabtu = Cerpen
Minggu = Sneakers

Follow my blog: aldypradana.com

Instagram: @aldy_pradana17
FB Page: Aldy Pradana
SoundCloud: @aldypradana17
Youtube: Aldy Pradana 

https://www.tokopedia.com/arseniosneakers (tempat menjual sneakers murah)


Posting Komentar

munggah